Puslitbangbun Perluas Kerja Sama dengan Fakultas Pertanian Unand

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Upaya menciptakan pertanian maju, mandiri dan modern, diperlukan upaya khusus untuk merealisasikannya. Salah satunya adalah meningkatkan daya saing produk, peningkatan nilai tambah petani dan sinergisitas seluruh stakeholder dengan Kementerian Pertanian melalui perluasan dan penguatan kerja sama dalam mendukung pembangunan pertanian khususnya perkebunan.

Menindaklanjuti hasil rapat struktural Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) tanggal 13 Januari 2020, Kepala Pusat Ir. Syafaruddin, Ph.D., menegaskan, agar perluasan dan jejaring kerja sama TA. 2020 diarahkan dalam mendukung penelitian dan pengembangan komoditas perkebunan terutama dengan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia.

Upaya merealisasikan arahan Kapus tersebut, Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbangbun telah melakukan rintisan kerja sama dengan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Andalas Sumatera Barat yang ditandai dengan kunjungan ke Puslitbangbun oleh Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi selaku Dekan Faperta Unand yang didampingi oleh Dr. Ir. Yaherwandi, M.Si sebagai Ketua Jurusan Budidaya Perkebunan Faperta Unand (12/02/2020).

Kapus menyambut baik kunjungan tersebut, dan dalam diskusi yang berlangsung penuh keakraban, diharapkan kerja sama yang akan dilakukan nanti mengarah pada kerja sama riset, pembimbingan mahasiswa/magang, kuliah umum, publikasi jurnal, desiminasi inovasi teknologi perkebunan serta pelatihan dan penyelenggaraan seminar nasional dan internasional, tegas Syafaruddin. Tidak hanya kerja sama dengan Fakultas Pertanian, Kapus berharap kerja sama juga diperluas dengan Pemerintah Daerah (Pemda) terutama yang memiliki potensi komoditas strategis perkebunan untuk mendukung gerakan tiga kali ekspor sebagaimana yang dicanangkan Menteri Pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Pertanian Unand berharap penandatanganan kerja sama tersebut segera diwujudkan di pertengahan tahun ini tepatnya bulan Juni bertepatan dengan Pekan Nasional di Pariaman Sumatera Barat. Dekan juga berharap, sebelum penandatanganan berlangsung, Kepala Puslitbangbun untuk dapat memberikan kuliah umum di Fakultas Pertanian Unand.

Lebih lanjut Bidang KSPHP Puslitbangbun akan menindaklanjuti proses administrasi rencana perjanjian kerja sama tersebut terutama dalam menyiapkan dokumen perjanjian kerja sama (PKS) yang kemudian akan dijadikan payung hukum untuk pelaksanaan Kerangka Acuan Kerja (KAK) dengan Balai-Balai Penelitian sesuai dengan ruang lingkup dan tujuan perjanjian kerja sama. (TIM WEB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *