Puslitbangbun Pamerkan Biodiesel Kemiri Sunan pada RITECH Expo 2014

Aktifitas Puslitbangbun

d Badan Litbang Kementerian Pertanian tanggal 9-12 Agustus 2014 di Gedung II BPPT, Jakarta. Puslitbangbun menampilkan produk dari kemiri sunan sebagai energi  terbarukan berupa minyak biodiesel, bahan sabun, pupuk hayati.

Selain itu, pada stand Badan Litbang Kementerian Pertanian yang terlihat bagus dan rapi, ditampilkan produk pasca panen seperti FORVITAM (susu bubuk sehat tanpa lemak dan bebas gula diperkaya Nano-Vitamin A dan Nano-Zat Besi, kaya Kalsium). Ada juga Nano Curcuma Drink, Nano Green Tea Drink, Nano Emulsi Cacao, Roti Nano-Biopreservative, Cassava Flake (makanan berbahan ubi kayu Siap konsumsi dan penuh gizi).

RITECH Expo dibuka oleh Menteri Riset dan Teknologi, Dr. Gusti Muhammad Hatta tanggal 9 Agustus 2014. Dalam sambutannya, Menristek mengatakan bahwa RITECH Expo 2014 merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 19. Adapun tema Hakteknas kali ini adalah Inovasi Pangan, Energi dan Air untuk Daya Saing Bangsa. Tema diambil karena Indonesia seperti halnya negara-negara lainnya, akan mengalami kelangkaan dalam bidang FEW (Food, Energy, dan Water). Tujuan dari RITECH Expo adalah sebagai wahana atau media untuk memberikan kepada masyarakat yang dinamakan dengan scientist experince, juga sebagai media interaksi, tukar informasi dari para peserta pameran.

Menristek menambahkan bahwa nantinya akan ada pekan Iptek Asia di Bogor yang dihadiri oleh para Menteri Teknologi seluruh Asia. Dalam kegiatan ini akan dibicarakan tentang kerjasama internasional menjelang pasar terbuka Asia 2017.

Penelitian Iptek di bidang pangan ditujukan untuk meningkatkan nilai tambah hasil pertanian, di bidang energi perhatian ditujukan untuk meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT), termasuk usaha industrialisasi kendaraan listrik. Sedangkan di bidang air ditujukan untuk penyediaan, pengendalian dan pengelolaan air.

Harapannya nanti semakin mendorong masyarakat untuk mencintai produksi sendiri. Karena tanpa partisipasi masyarakat, siapa lagi yang akan membeli produk kita, kata Menristek. Selanjutnya Menristek membuka RITECH Expo 2014 ditandai dengan pengguntingan pita tanda dimulainya kegiatan.

RITECH Expo diisi oleh puluhan stand pameran dari peserta dari LPNK Kemenristek, Kementerian/Lembaga lainnya, BUMN, Badan Litbang/Bappeda, industri swasta dan masyarakat. (\Bursa)

Pembukaan RITECH Expo 2014 oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta didampingi istri ditandai dengan pengguntingan pita (foto kiri), dan Menristek berkenan berkunjungan ke stand pameran Badan Litbang Kementerian Pertanian.

Pengunjung stand pameran Badan Litbang K

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) berpartisipasi pada pameran Research, Innovation and Technology Exhibition (RITECH Expo) 2014 melalui stanementerian Pertanian (foto kiri), dan produk-produk kemiri sunan yang dipamerkan.

Berita terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *