Puslitbangbun Berpartisipasi pada Indonesia Science Expo (ISE) 2018

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) bersama UK/UPT Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian mendukung acara Tahunan Indonesia Science Expo (ISE) 2018 yang digelar selama empat hari pada tanggal 1 – 4 Nopember 2018. ISE 2018 di buka oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 1 Nopember 2018 di Indonesia Convention Exhibition, Bumi Serpong Damai, Tanggerang. ISE merupakan ajang promosi dan media bagi para peneliti/llmuwan dan masyarakat umum untuk mendiseminasikan hasil-hasil riset berupa produk inovatif, teknologi dan karya ilmiah di tingkat Nasional maupun Internasional.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa harus ada terobosan baru dalam teknologi untuk menjawab kebutuhan pasar lokal dan global. Teknologi yang dihasilkan harus bersifat aplikatif dan praktis, sehingga yang tidak mungkin menjadi mungkin, dan yang sulit menjadi mudah, ujarnya. Dengan adanya terobosan pengembangan teknologi, Indonesia bisa mengubah proses bisnis untuk bekerja lebih cepat, lebih tepat, mudah mencapai sasaran dan dapat berjalan beriringan dengan negara maju, imbuh Presiden.

Kegiatan ISE 2018 meliputi Science art, Sceince Show, Workshop, Talkshow, Science Movie dan Science Games untuk segala usia. Puslitbangbun, Balitbangtan, Kementan bersama UK/UPT mendukung ISE 2018 dengan memamerkan aneka produk olahan tebu dan Varietas Unggul Baru Tebu yang dikembangkan melalui teknologi Kultur Jaringan. Inovasi teknologi di bidang perbanyakan massal benih tebu melalui tehnik kultur jaringan diharapkan dapat menjawab tantangan kebutuhan gula nasional yang cenderung naik setiap tahun.

Semoga inovasi teknologi ini dan inovasi lainnya yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan dan lembaga riset lainnya dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi kesejahteraan petani dan kemakmuran bangsa.
Tingkatkan Rasa Ingin Tau, Nyalakan Kreatifitas, Temukan Aspirasi dan Kemungkinan Baru untuk Mengubah Masa Depan yang Lebih Baik. (\Sudarsono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *