Puslitbang Perkebunan Pamerkan Produk Inovasi Perkebunan di Indonesia Agrofood Expo 2019

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Indonesia Agrofood Expo adalah acara pameran terbesar yang menampilkan produk hasil pertanian segar maupun olahan yang berasal dari tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikananan, dan sektor perkebunan. Dalam upaya memperkenalkan produk-produk unggulan hasil pertanian kepada masyarakat khususnya pelaku bisnis di bidang pertanian, kegiatan ini merupakan sarana promosi yang tepat untuk mengembangkan jaringan informasi kepada khalayak luas.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan merupakan satuan kerja yang berada di bawah koordinasi Badan Litbang Pertanian dan memiliki mandat untuk menghasilkan serta mengembangkan inovasi hasil penelitian pada komoditas unggul perkebunan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung perannya ialah mendiseminasikan produk hasil penelitian tersebut melalui acara pameran Indonesia Agrofood Expo 2019 pada tanggal 27 juni s/d 30 Juni 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Acara berskala internasional ke-19 ini diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Pemerintah Daerah serta Badan Usaha Milik Negara maupun Pihak swasta yang turut berpartisipasi. Selain itu beberapa negara seperti Malaysia, Bahrain, dan Korea Selatan juga diundang untuk memeriahkan kegiatan pameran.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bapak Ir. Dedi Junaedi, M.Sc selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Dalam sambutannya Dedi memaparkan pentingnya acara ini berkaitan dengan kebutuhan optimalisasi ketahanan pangan bersumber dari sektor pertanian yang akan menjadi lubang pangan dunia di masa yang akan datang. Selain itu ia juga menambahkan bahwa dunia saat ini tengah memasuki era ekonomi 4.0 yang mengedepankan teknologi di segala aspek khususnya inovasi teknologi pertanian.

Adapun produk invensi yang dipamerkan oleh Puslitbang Perkebunan antara lain ialah, produk olahan tanaman obat dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Kopi hasil penelitian dengan citarasa khas dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Produk makanan hasil olahan sagu dan kelapa dari Balai Penelitian Tanaman Palma serta Teh rosela yang merupakan salah satu produk unggulan hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas). Selain itu pada booth Puslitbang Perkebunan juga turut disediakan leaflet, brosur hingga buku mengenai hasil penelitian komoditas perkebunan yang dapat dimanfaatkan secara gratis untuk para pengunjung pameran.

Indonesia Agrofood Expo 2019 akan diselenggarakan bersamaan dengan pameran Indonesia Internasional Modern Agriculture Expo 2019, yaitu pameran mengenai pertanian modern yang meliputi alat dan mesin pertanian, agro chemical, hydroponic, pembibitan, tekhnologi pengemasan makanan dan minuman dan industry penunjang lainnya serta Halal Indonesia Expo 2019. Diharapkan dengan adanya acara ini mampu meningkatkan perhatian serta antusias masyarakat terhadap dunia pertanian di negara Indonesia. (ASP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *