Workshop II “Penguatan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Publikasi Internasional”

Aktifitas Puslitbangbun

Peneliti dan akademisi dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dari masyarakat biasa karena kapasitasnya yang lebih intens berinteraksi dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut membuat sudah sepatutnya peneliti mampu mengaktualisasikan kompetensinya bukan sekedar kegiatan penelitian, tetapi mampu untuk menulis hasil penelitian tersebut dalam media publikasi baik yang bertaraf nasional maupun internasional.Setiap hasil penelitian ilmiah membutuhkan publikasi agar karya dapat optimal diketahui publik dan dipertanggungjawabkan keilmiahannya. Oleh karena itu, para peneliti Indonesia dituntut senantiasa meningkatkan kualitas publikasi ilmiahnya, terutama skala jurnal dan majalah ilmiah nasional hingga internasional. Komponen KTI pun amat berkontribusi dalam pemenuhan kompetensi pada tiap jenjang jabatan peneliti.

Agar dapat mendiskusikan teknik penguatan penulisan karya tulis ilmiah untuk Publikasi Internasional, Puslitbang Perkebunan menyelenggarakan Workshop II pada tanggal 18- 20 Desember 2012 di Cipayung, Bogor.

Dalam workshop tersebut, dibahas antara lain mengenai :

  • Metodologi Penelitian dan Teknik Penyajian Data oleh Sutoro,
  • Kiat-kiat Penulisan untuk Publikasi International oleh Budi Tangendjaja,
  • Meningkatan Kemampuan Membaca Artikel Ilmiah oleh Supardi.

Dengan pelaksanaan workshop tersebut diharapkan menghasilkan peserta yang mampu menulis karya ilmiah untuk dipublikasikan pada jenjang Internasional dalam rangka pengembangan keprofesiannya secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *