Puslitbang Perkebunan Memperingati Hari Lahir Pancasila dalam Kebersamaan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN -Pancasila adalah ideologi dasar bagi Bangsa Indonesia, dan menjadi perekat Bangsa Indonesia yang masyarakatnya sangat majemuk. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Lahirnya Pancasila adalah judul dari pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945. Badan Litbang Pertanian,

Kementerian Pertanian bersama Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis yang berada di lingkungan Kantor Pusat Cimanggu – Bogor, termasuk Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan sangat antusias dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 di lapangan BB. Biogen jalan Tentara Pelajar No 3 Bogor. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si. Peserta upacara adalah seluruh Jajaran Aparat Sipil Nasional (ASN) lingkup Badan Litbang Pertanian di Bogor.

Dalam pidato arahan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang dibacakan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian  mengatakan bahwa kita harus memanfatkan momen penting ini sebagai renungan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Kepada seluruh ASN lingkup Badan Litbang Pertanian untuk bisa mengembalikan/mempersatukan perbedaan, perekat antar elemen masyarakat/bernegara, tetap solid menjalankan tugas, dan jangan terpancing oleh isu keagamaan, kesukuan, etnis dan identitas lain yang bisa memecah belah Bangsa. Kepada ASN untuk ikut berperan dalam menjaga, merawat dan menjalankan semangat Pancasila menjadi bagian dari solusi persatuan Bangsa.

Selanjutnya Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh ASN lingkup Badan Litbang Pertanian yang sudah berperan aktif dalam mendukung pencapaian WTP Kementerian Pertanian selama 3 tahun berturut-turut. Hal ini menjadi modal untuk meningkatkan tunjangan kinerja lingkup Kementerian Pertanian yang semula 80% akan menjadi 90%. Hal ini penting untuk menjadi tanggungjawab bersama untuk meningkatkan kinerja dalam menjalankan kewajiban sebagai ASN.

Foto : Segenap ASN lingkup Puslitbangbun sehabis upacara hari lahir Pancasila (1 Juni 2019).

 

Foto : Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc., Ph.D. (Kanan) yang mengikuti upacara hari lahir Pancasila  1 Juni 2019 di Balai Penelitian Tanaman Palma, Manado, Sulawesi Utara.

 

Foto : Salah satu peneliti Puslitbangbun yaitu Dr. Sri Suhesti (tengah) yang mengikuti upacara hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 di BPTP Jawa Tengah.

 

Foto : Staf subbid PHP Puslitbangbun yaitu Agus Budiharto (tiga dari kanan) dan teknisi Balit Palma Manado Toni Surya Hidayat (kiri), yang mengikuti upacara hari lahir Pancasila 1 Juni 2019 di BPTP DI Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *