Puslitbang Perkebunan Kembali Pamerkan Produk Inovasi Unggulan Hasil Penelitian di AIF 2019

Aktifitas Puslitbangbun Highlight Inovasi Teknologi

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) bersama Unit Kerja (UK)/ Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian kembali pamerkan produk inovasi hasil penelitian di Agro Inovasi Fair (AIF) 2019 yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2019, di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian jl. Salak, Bogor Jawa Barat.

Mengangkat tema, “Membumikan Teknologi Riset Pertanian Indonesia”, AIF 2019 dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Bapak Dr. Fadjry Djufry didampingi oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian dan dihadiri oleh para pejabat eselon 2 dan 3, para Pengusaha Binaan Ballitbangtan serta masyarakat setempat.

Ajang promosi tahunan produk penelitian dan pengembangan ini telah dimulai sejak tahun 2015 dengan tujuan mempromosikan inovasi pertanian terbaik dalam negeri sekaligus menggaet kerjasama dan jejaring bisnis.

Dalam sambutannya Fadjry Djufry menjelaskan bahwa Agro Inovasi Fair merupakan ajang diseminasi inovasi teknologi hasil dari Balitbangtan, sekaligus sarana yang sangat bagus dan selalu dinanti oleh para pengusaha kecil untuk jadikan tempat saling mengenal satu dengan yang lain. Selain itu, kegiatan ini mampu mengangkat potensi wirausaha, serta memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan untuk dikenal oleh masyarakat secara luas.

Beberapa agenda utama pelaksana agro Inovasi Fair antaralain: “ekspose teknologi hasil Litbang, klinik agribisnis, bazar, pembagian benih gratis kepada masyarakat, bimbingan teknis, temu bisnis, dan talkshow”.

Puslitbang Perkebunan dalam kegiatan Agro Inovasi Fair menampilkan beragam teknologi inovasi mulai dari produk rempah (secang, jati belanda, kunyit, sabun serai wangi, balsem serai wangi, daun kelor, purwoceng, jati belanda dan aneka rempah) produk kopi ( kopi pakuwon, kopi rabita pakuwon, kopi meranti, kopi bisang), kakao (bubuk kakao), dehaf, teh rosela, brown sugar, gula semut, gula merah, VCO, gula kelapa super, leaflet: jamu ternak, tanaman BBN, kemiri  sunan, varietas unggul tebu baru, starter kopi bisang).

AIF 2019 juga mempromosikan teknologi robotik untuk pertanian, invensi vaksin, kopi nusantara, varietas unggul tanaman pangan dan beragam produk olahan yang seluruhnya merupakan hasil riset dari UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian. Terdapat juga suguhan informasi mengenai teknik olahan kue dari tepung pregelatinisasi ubi kayu, olahan umbi, budidaya ayam KUB, budidaya padi modern, hidroponik, dan edu coffee yang dikemas secara menarik.

Setiap tahunnya, Agro Inovasi Fair Balitbangtan selalu membagikan benih unggul hasil Litbang baik komoditas buah-buahan, benih sayuran (cabai, kacang-kacangan, dan komoditas ekonomis lainnya) yang dibagikan gratis kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga sangat antusias dengan adanya Bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan dalam kegiatan Agro Inovasi Fair, hal tesebut terlihat dari peningkatan jumlah peserta bimtek setiap tahunnya. Dalam kegiatan bimtek tersebut, para Inventor mempraktekkan teknologi yang dihasilkan secara langsung kepada peserta, sehingga diharapkan pasca bimtek tersebut, para peserta dapat mempraktekkan sendiri dan bahkan menjadi inspirasi untuk berwirausaha kedepan.

Salah satu acara utama dalam AIF yaitu Temu Bisnis yang mempertemukan para inventor dengan investor, sehingga invensi Balitbangtan dapat diterapkan pada skala industri untuk diproduksi massal, terjamin kualitasnya dan menjangkau pengguna yang lebih luas. Kegiatan temu bisnis diselenggarakan secara khusus dengan mengundang para pelaku usaha yang diharapkan akan berminat untuk melisensi invensi badan litbang pertanian yang bernilai kekayaan intelektual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *