PT. NBS Kaltara Adopsi Inovasi Benih Unggul Kelapa Balitbangtan

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Pengembangan kelapa di Provinsi paling muda, Kalimantan Utara telah diinisiasi oleh PT. Nunukan Bara Sukses (NBS) sejak tahun 2016. Lahan gambut di Pulau Baru seluas 1500 ha dialokasikan untuk penanaman varietas-varietas unggul kelapa yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian.

Menurut Thomas, salah satu tenaga ahli pada PT. NBS, selain kelapa Dalam, akan ditanam juga varietas kelapa Genjah unggul untuk perakitan benih kelapa hibrida. Sejak Maret 2017 telah dimulai kegiatan pengiriman dan pendederan benih.

Untuk mendukung keberhasilan pengembangan kelapa tersebut, tim peneliti Balitbangtan yang dipimpin oleh Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo melakukan kunjungan ke lokasi dekat pulau Tarakan, Kalimantan Utara. Kebutuhan benih untuk pengembangan kelapa saat ini terus meningkat.

Menurut Kepala Balit Palma, selain untuk memenuhi kebutuhan pengembangan oleh petani, Dinas terkait dan pihak swasta, mulai September 2017 Balit Palma akan melaksanakan penyediaan benih unggul kelapa untuk mendukung program Perbenihan Kementerian Pertanian dalam membangun kebun induk sumber benih.

Ketersediaan benih  varietas unggul terus diupayakan oleh Balitbangtan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan dan pemerintah daerah sentra kelapa. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan benih yang terus meningkat baik oleh petani, pemerintah daerah dan swasta. Ketertarikan perusahaan swasta terhadap pengembangan kelapa setahun terakhir ini diharapkan dapat meningkatkan luasan areal yang terus menurun sejak tahun 2012.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *