Prospek penggunaan bakteri endofit untuk pengendalian nematoda Pratylenchus brachyurus pada tanaman nilam

Artikel Nilam Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Pratylenchus brachyurus merupakan nematoda utama pada tanaman nilam yang menyebakan kerugian baik kualitas maupun kuantitas. Pengendalian menggunakan bakteri endofit merupakan suatu teknik pengendalian nematoda P. brachyurus yang ramah lingkungan. Bakteri endofit dapat diisolasi dari semua bagian tanaman terutama bagian akar.

Pengendalian biologi menggunakan bakteri endofit merupakan salah satu komponen pengendalian P. brachyurus yang cukup menjanjikan karena sebagai agens biokontrol, penginduksi ketahanan dan pemacu pertumbuhan tanaman.

Populasi bakteri endofit lebih banyak ditemukan pada tanaman nilam yang dibudidayakan secara organik dibanding budidaya non organik. Bakteri endofit mengkolonisasi epidermis, kortek dan jaringan inter dan intraseluler akar nilam.

Mekanisme bakteri endofit dalam menekan nematoda P. brachyurus adalah menginduksi ketahanan dengan peningkatan asam salisilat, peroksidase, dan senyawa fenol dan mengkolonisasi epidermis sel akar.

Bakteri endofit sebagai biokontrol nematoda dapat menekan penetrasi, reproduksi, dan populasi nematoda di dalam akar nilam sebesar 54,8 – 70,6%. Di samping itu bakteri endofit juga dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman nilam dengan meningkatkan produksi terna nilam sebesar 37,86 – 84,71%.

Selengkapnya download full text: perkebunan_Rita-Har-Prospek1.pdf

Link terkait : Perspektif Puslitbang Perkebunan Vol. 13 No. 1, 2014

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *