Program Seribu Usaha Kecil Di Bidang Pangan Harus Dikawal Sepenuhnya dan Sukses

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Harapan ini disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haryono, M.Sc., dalam sambutannya pada acara penandatangan MoU dengan Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta (3/3/2015). Penandatanganan MoU tentang Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Rangka Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Usaha Mikro dan Koperasi antara Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian dengan Deputi Menteri Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi di Jakarta tanggal 3 Maret 2015.

Penandatanganan MoU ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan Balitbangtan dengan Kementerian Koperasi dan UMKM untuk merintis kerjasama penggunaan TTG tanggal 23/1/2015 yang lalu di Bogor. Disamping itu juga dilakukan penandatangan MoU antara Menteri Koperasi dan UKM dengan Kepala Badan Standardisasi Nasional tentang Pembinaan dan Pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Bagi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Dalam sambutannya Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa daya saing Indonesia secara nasional perlu ditingkatkan. Daya saing Indonesia masih rendah berdasarkan world economic forum, dari 12 item penilaian dari antara lain infrastruktur, adopsi teknologi, ketersediaan teknologi, dsb. Dua belas item yang kuat adalah segmen pasar yang paling tinggi. Bicara daya saing juga tidak luput dari bicara standar. Oleh sebab itu kegiatan ini merupakan moment yang sangat bagus untuk menggerakkan UKM di Indonesia. Dimana pada hari ini juga dilakukan penandatangan MoU antara Menteri Koperasi dan UKM dengan Kepala Badan Standardisasi Nasional.

Lebih lanjut Ka Badan menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian saat ini sedang memetakan daya saing Provinsi dan Kabupaten di bidang pertanian. Dari pemetaan tersebut akan mudah membuat program-program yang terkait dengan sektor apa saja. Diperkirakan 1-2 tahun selesai.

Di akhir sambutannya Ka Badan berharap semoga program seribu usaha kecil di bidang pangan ini dapat dikawal sepenuhnya dan harus sukses. Tahun depan tidak boleh berhenti dan harus berkembang dari tahun ini, harap Ka Badan.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof.Dr. Bambang Prasetya dalam sambutan menyampaikan tentang UU No. 20 tahun 2014 TENTANG. STANDARDISASI DAN PENILAIAN KESESUAIAN. Undang-undang ini sudah murah, sudah lebih bagus, dan pembahasannya cepat, belum ada yang mengalahkan. Hanya dengan hitungan minggu proses standardisasi selesai dilakukan, ujar Kepala BSN.

Menteri Koperasi dan UKM Agung Gedhe Ngurah Puspayoga dalam sambutannya menyatakan sepakat bahwa acara hari ini harus dipromosikan, disinergikan, karena tanpa dipromosikan, program-program kementerian tidak dapat terlaksana dengan baik. Saat ini Kementerian Koperasi dan UKM membahas Sertifikasi Hak Cipta dengan Kementerian Hukum dan HAM. Barang-barang yang dipamerkan ke luar negeri akan dibuatkan hak cipta, gratis tanpa bayar, dan 1 hari selesai. Sebagai salah satu strategi melawan negara-negara lain hal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pemberian sertifikat hak cipta untuk mengamankan hak cipta untuk diberikan sertifikat hak cipta. Hal ini dilakukan untuk menjawab keraguan-keraguan pelaku usaha untuk mamamerkan produknya di luar negeri.

Di akhir acara, Menteri Koperasi dan UKM, Kepala BSN beserta hadirin melakukan kunjungan ke stand mini expo Balitbangtan yang didampingi oleh Kepala Badan Dr. Haryono beserta jajarannya. Pada stand mini expo Balitbangtan memamerkan beberapa produk hasil inovasi teknologi antara minuman Secang, gula semut, minyak goreng sehat, VCO, keripik kelapa, aneka olahan sukun, terung, tomat, sorgum, jagung, emping garut, biofoam, makaroni, dll.

Foto: Penandatanganan MoU Kepala Badan Litbang Kementerian Pertanian dengan Deputi Menteri Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM tentang Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Rangka Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Usaha Mikro dan Koperasi antara di Jakarta tanggal 3 Maret 2015.

Foto : Menteri Koperasi dan UKM Kepala Balitbangtan mendapat penjelasan dari Kepala BB Pasca Panen tentang produk inovasi teknologi Balitbangtan (kiri). Foto : Kepala BSN mengunjungi stand mini expo produk inovasi teknologi Balitbangtan (kanan).

Foto : Sebagian produk inovasi teknologi Balitbangtan pada stand mini expo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *