Produksi Bibit Tebu G3 Asal Kultur Jaringan Varietas Kidang Kencana

Uncategorized

INFO TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Bibit merupakan faktor penentu dalam budidaya tebu, kecepatan perbanyakan bibit tebu akan memengaruhi kecepatan perluasan penanaman tebu atau program bongkar ratoon. Untuk memperoleh produktivitas dan rendemen tinggi diperlukan bibit yang bermutu, baik mutu genetis maupun mutu fisik. Disamping itu diperlukan jumlah yang banyak dengan waktu yang singkat.

Perbanyakan bibit tebu secara konvensional memerlukan waktu yang cukup lama dengan melalui lima jenjang yaitu Kebun Bibit Pokok Utama (KBPU), Kebun Bibit Pokok (KBP), Kebun Bibit Nenek (KBN), Kebun Bibit Induk (KBI), dan Kebun Bibit Datar (KBD). Penjenjangan pembibitan tebu tersebut dilakukan mengingat masalah-masalah yang berkaitan dengan aspek teknis dan ekonomis.

Secara teknis dimungkinkan untuk memperpendek jenjang tetapi akan mengalami kesulitan untuk mengadakan bibit dalam jumlah yang besar, sebagai contoh untuk pengembangan 1.000 ha tanaman tebu giling membutuhkan bibit tebu sebesar 7.000 ton. Periode yang dibutuhkan untuk setiap jenjang pembibitan sekitar 6 bulan, sehingga setiap satu hektar pembibitan awal (dimulai dari KBP) baru bisa menghasilkan bibit untuk 4096 hektar pengembangan dalam waktu 2 tahun dengan faktor perkalian setiap jenjang pembibitan antara 6-8.

Teknologi kultur jaringan merupakan salah satu teknologi alternatif yang dapat digunakan sebagai solusi untuk pengadaan bibit tanaman berkualitas secara massal. Beberapa keuntungan dari teknik kultur jaringan dibandingkan dengan cara konvensional antara lain lebih cepat dibanding secara konvensional, keseragaman fisiologis, tersedianya bibit bebas penyakit sepanjang tahun dan pertumbuhan vegetatif yang lebih cepat serta produksi bibit yang tidak bergantung musim. (/Sumanto, dan M. Syakir/Peneliti Puslitbang Perkebunan)

Selengkapnya download file :perkebunan_ProduksiBibitTebuG3

Sumber : Infotek Perkebunan Vol. 5 N0. 10, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *