Produk-produk Unggulan Balittro

Artikel Obat Berita Perkebunan

INOVASI TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Keberadaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) tidak lepas dari kebutuhan akan lembaga riset yang mendukung pengembangan agribisnis dan agroindustri berbasis tanaman rempah dan obat. Program utama penelitian Balittro difokuskan pada penelitian dasar untuk menghasilkan varietas unggul dengan teknologi pendukungnya, teknologi pengolahan primer yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta pengembangan produk.

Produk-produk unggulan yang sudah dihasilkan Balittro diantaranya kapsul Androcap (sambiloto) dan Asiaticap (pegagan) yang berfungsi untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan (membantu menurunkan kolesterol), kadar gula darah dan asam urat).

Produk Dehaf yang dilisensi PT. Soho merupakan ramuan demam berdarah dengue  (DBD) dengan bahan baku  dari kunyit, temu ireng, meniran, pepaya dan daun jambu biji;

Produk-produk pengendalian OPT diantaranya Cekam EC, CEES EC, Mimba, Bio Protector-1, BOFOB, Ditama ST dan Atlabu:

Produk Jamu untuk ternak; Jamu anti penyakit koksi (koksidiosis) yang Efektif menekan penyakit koksi pada unggas, dan hasilnya lebih baik daripada menggunakan obat sulfa dengan menggunakan bahan baku temulawak, jahe merah, temu ireng, sambiloto.

Jamu peningkat fertilitas sapi jantan dengan bahan baku temulawak, temuireng, sambiloto, purwoceng, pasak bumi, cabe jawa yang berkhasiat mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas semen sapi  jantan;

Ada juga jamu peningkat fertilitas Sapi betina dengan bahan baku  rumput kebar, temulawak, temuireng yang berkhasiat mampu meningkatkan frekuensi dan periode birahi sapi betina.

Minuman fungsional berbasis tanaman obat dengan Bahan baku  ashitaba, pegagan, jahe merah  yang berkhasiat Meningkatkan imunitas dan penuaan dini.

Pemakaian tanaman obat dalam dekade terakhir ini cenderung meningkat sejalan dengan berkembangnya industri jamu atau obat tradisional, farmasi, kosmetik, makanan, dan minuman.

Jamu atau obat tradisional merupakan warisan budaya bangsa yang perlu dilestarikan, dikembangkan, dan dimanfaatkan untuk kesehatan serta kesejahteraan rakyat serta duta kebanggaan bangsa. Dengan penanaman yang baik dan penerapan teknologi yang tepat obat tradisional bisa menjadi produk yang kompetitif baik dipasar domestic maupun ekspor. (Efiana/Balittro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *