Produk Herbal Ramaikan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2015

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Obat

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) tahun 2015 yang diselenggarakan di lapangan parkir selatan, Senayan, Jakarta, tanggal 28 Oktober – 1 November 2015 menampilkan 16 sub sektor ekonomi kreatif, salah satunya riset dan pengembangan. Produk-produk herbal sebagai hasil riset dan pengembangan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) turut meramaikan kegiatan PPKI 2015.

Produk-produk herbal antara lain kapsul Androcap Sambiloto, Asiaticap Healtro, Healtro Cakar ayam, Ceplukan, Daun sirsak, Daun ungu, Jati belanda, Kunyit, Meniran, Purwoceng, Sirih merah, Temulawak, Temu putih, Secang Fit, ramuan obat darah tinggi, balsem aromatik, sabun Citronella. Selain itu juga ada produk makanan ringan seperti kripik Tankong, stick bit, jamur, soto jamur instant (Sotoji), bagelan ganyong beras aromatik, kopi Pakuwon “Rabita”, gula semut, minyak sereh wangi, Bio-Aditif, bibit tanaman, pestisida nabati ramah lingkungan, dll ikut meramaikan pameran PPKI 2015.

Kegiatan PPKI 2015 dibuka oleh Menteri Koordinator PMK RI Puan Maharani yang diwakili oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga (28/10/2015. Dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan PPKI 2015 merupakan pekan yang terpadu dan terlengkap dengan 3 kegiatan utama yaitu pameran, konvensi, dan gelar seni budaya. PPKI 2015 mengusung tema “Budaya kreatif Indonesia untuk Dunia”. Dengan tema ini saya berharap kiranya para pelaku budaya kreatif Indonesia akan tumbuh dan berkembang serta mampu melahirkan ide-ide kreatif yang berbasis berbudaya, ramah lingkungan, berkualitas, berdaya saing dan mampu  memasuki pasar global, imbuh Puspa Yoga. Hal ini juga sejalan dengan moment hari Sumpah Pemuda hari ini yang bersamaan dengan penyelenggaraan PPKI 2015 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, imbuhnya.

Penyelenggaraan PPKI 2015 merupakan penyelenggaraan terakhir sebagai implementasi dari Inpres No. 6 tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, dimana pada tahun 2016 penyelenggaraan pameran PPKI dilanjutkan oleh Badan Ekonomi Kreatif. Penyelenggaraan PPKI tahun ini lebih menekankan pada keunggulan kreativitas dan kebudayaan dalam menghasilkan produk-produk yang berdaya saing di dunia khususnya memasuki perdagangan bebas ASEAN, ujar Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya.

Pameran yang berlangsung selama 5 hari dan diikuti oleh 18 Kementerian dan Lembaga, pemerintah daerah ini turut dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari pelaku industri kreatif.

Suasana dan sambutan Menteri Koperasi dan UKP pada pembukaan PPKI 2015 di Senayan, Jakarta (28/10/15).

 Info guide sedang memberikan penjelasan kepada pengunjung pada stand Kementerian Pertanian pada kegiatan PPKI 2015 di Senayan, Jakarta.

Produk herbal dan makanan ringan pada stand Kementerian Pertanian pada kegiatan PPKI 2015 di Senayan, Jakarta.

 

Stand Kementerian Pertanian pada kegiatan PPKI 2015 di Senayan, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *