Potensi Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat Swadaya sebagai Sumber Bahan Baku Biod

Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kondisi perkebunan kelapa sawit rakyat (PR) produktivitasnya rendah. Produksi minyak sawit (CPO) dari PR diperkirakan mencapai 16,5 ton/ha TBS (rendemen 20%). Produksi perkebunan rakyat swadaya (RS) lebih rendah dari itu, maksimum 15 ton/ha TBS. Perbaikan kondisi melalaui perbaikan kelembagaan menunjukkan peningkatan produktivitas, seperti adopsi RSPO (Round Table of Sustainable Palm Oil) oleh kelompok tani dari petani swadaya di Palalawan Riau mampu meningkatkan produktivitas rata-rata menjadi 24 ton/ha TBS, selain rendemen minyak meningkat menjadi 22% dalam waktu tiga tahun.

Areal kelapa sawit yang dianggap layak (AL) untuk menjadi areal sumber bahan baku biodiesel tersebut adalah dalam arti layak untuk diperbaiki kondisinya. Perbaikan kondisi yang menjadi prioritas adalah perbaikan dan pengembangan kelembagaan, dan yang paling jelas polanya adalah melalui adopsi kelembagaan Sertifikasi seperti RSPO maupun ISPO.

Keberhasilan Sertifikasi Perkebunan Rakyat merupakan indikator dari keberhasilan modernisasi perkebunan, yang saat ini selalu menggambarkan potret miring dan kemiskinan. Potensi kontribusi dari keberhasilan program ini paling tidak mencapai 4 – 5 ton CPO per tahun, yang berasal dari areal yang layak untuk dikembangkan seluas 1 juta ha dengan keberhasilan peningkatan produkvitas dari 3 ton/ha menjadi 4-5 ton/ha CPO.

Selengkapnya download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-9-2-2017.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *