Potensi Pengembangan Kelapa Dalam Mapanget pada Lahan Kering Beriklim Basah di KP. Mapanget Balit Palma

Artikel Kelapa Berita Perkebunan Highlight

INFOTEK PERKEBUNAN – Varietas Kelapa Dalam Mapanget (DMT) adalah varietas Kelapa Dalam yang mempunyai potensi produksi jumlah tandan buah/pohon (12-13/tahun), jumlah buah/tandan (7 butir), jumlah buah/pohon/tahun (90 butir). Kelapa Dalam ini toleran terhadap penyakit Phytophthora,, cukup toleran terhadap kemarau panjang. Daerah pengembangannya adalah pada daerah kering iklim basah dengan curah hujan ?2.500-3.500 mm/tahun.

Jumlah produksi tandan buah/tahun, jumlah buah/tandan dan jumlah buah/pohon/tahun kelapa Dalam Mapanget (DMT) produksinya cukup tinggi, meskipun terhadi 4 bulan kering (kemarau) yang berfluktuasi pada bulan Juli-Oktober pada tahun 2014 dan 2015 yang menyebabkan penurunan jumlah produksi buah/tandan dan jumlah buah/pohon/tahun pada tahun 2016.

Untuk usaha pengembangan kelapa di Indonesia pada lahan kering beriklim kering basah, yang mempunyai 8 bulan basah dan 4 bulan kering dianjurkan untuk menggunakan kelapa Dalam Mapanget (DMT).

 

Selengkapnya download : Potensi Pengembangan Kelapa Dalam Mapanget pada Lahan Kering Beriklim Basah di KP. Mapanget Balit Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *