Potensi Pemanfaatan Daun Jarak Kepyar sebagai Ulat Sutra

Artikel Jarak Kepyar Berita Perkebunan Highlight

INFO PERKEBUNAN – Daun jarak kepyar merupakan tanaman inang utama bagi ulat sutra jenis Eri, bersama dengan daun tanaman ketela pohon. Kedua tanaman ini merupakan anggota famili Euphorbiaceae. Kandungan nutrisi dalam daun jarak kepyar seperti protein, lemak, karbohidrat dan gula sangat dibutuhkan untuk perkembangan larva hingga proses pembentukan kokon ulat sutra. Kandungan nutrisi tersebut pada daun jarak kepyar lebih tinggi daripada daun katela pohon.

Usaha peternakan ulat sutra Eri dengan pakan daun jarak kepyar tergolong mudah dan dapat dilakukan dengan alat dan fasilitas sederhana, sehingga petani tradisional dapat dengan mudah melaksanakannya. Jarak pagar juga dapat diusahakan sebagai pakan ulat dan sekaligus produksi biji sebagai sumber minyak castor, dengan jumlah daun yang dipanen untuk ulat antara 30-50%.

Ini tentunya menambah pendapatan bagi petani. Beberapa petani di Malang, dan Trenggalek Jawa Timur mulai mengusahakan peternakan ulat sutra jenis Eri dengan menggunakan pakan daun jarak kepyar baik dari jenis hibrida introduksi maupun varietas yang telah dilepas Asb 81.

Selengkapnya Download fulltext : Info Tekbun 10 (5) 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *