Potensi Kelapa Genjah Hijau Manis untuk Tender Coconut

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

Buah kelapa muda atau Tender Coconut salah satu produk yang bernilai tinggi dan memiliki peluang bisnis yang menggiurkan. Buah kelapa muda dikonsumsi dengan cara meminum langsung airnya dari buah kelapa, atau dimakan bersama dengan daging kelapa mudanya.

Kelapa muda yang pada umumnya berumur 7-8 bulan, kaya akan bitamin dan berbagai mineral penting bagi tubuh manusia, dan rasanya segar serta manis. Daging buah kelapa muda memiliki komposisi gizi antara lain asam lemak dan asam amino esensial, sedangkan airnya mengadung bermacam-macam mineral, vitamin, gula serta asam amino esensial. Air kelapa merupakan minuman bergizi, higienis dan alamiah serta terbukti dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Kelapa Genjah merupakan tipe kelapa yang memiliki keunggulan cepat berbuah (3-4 tahun) dan produksi buahnya banyak (>=100 butir/pohon). Untuk konsumsi langsung airnya, jenis kelapa ini sangat sesuai karena ukuran buahnya kecil sampai sedang, sehingga lebih ringan dibanding jenis kelapa Dalam. Kelapa yang disukai sebagai minuman segar (tender coconut) adalah yang air buahnya manis dan buahnya tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa.

Untuk mengetahui potensi kelapa Genjah sebagai tender coconut, dilakukan evaluasi terhadap lima aksesi kelapa Genjah koleksi plasma nutfah Balit Palma, Badan Litbang Pertanian yaitu: Genjah Kuning Nias, Genjah Kuning Bali, Genjah Salak, Genjah Tebing Tinggi, dan Genjah Hijau Manis hasil introduksi dari Negara Thailand.

Hasil menunjukkan Kelapa Genjah Hijau Manis memiliki nilai Brix tertinggi dan ukuran buah terkecil dibanding dengan Genjah yang lain. Berdasarkan karakter tersebut, kelapa Genjah Hijau Manis cukup berpotensi untuk dikembangkan sebagai tender coconut di Indonesia.

Selengkapnya download fulltext: Potensi Kelapa Genjah Hijau Manis untuk Tender Coconut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *