Potensi Buah Bestru sebagai Penghasil Spon Alami

Berita Perkebunan

WARTA PERKEBUNAN – Spons yang selama ini banyak dipergunakan pada umumnya merupakan spons sintetik yang terbuat dari polimer polyurethan, sedangkan bahan polyurethan merupakan senyawa yang diolah dari minyak bumi yang semakin menipis keberadaannya, disamping itu spons sintetik sulit didegradasi oleh alam sehingga keberadaan limbahnya akan semakin menambah pencemaran lingkungan.

 

Tanaman bestru (Luffa aegyptica) yang sudah sejak zaman dahulu dikenal sebagai penghasil spons alami untuk membersihkan badan maupun pencuci piring.

Saat ini di beberapa negara maju seperti Amerika Serika, Kanada, Jepang dan India, spons bestru telah dimanfaatkan sebagai filter mesin, penyerap suara, keset, taplak meja, pengisi kasur dan bantal serta kursi, sandal rumah, sepatu bayi, alas seterika, topi dan barang-barang lainnya yang lebih bernilai.

Oleh karena itu, tanaman bestru yang dapat tumbuh baik hampir di seluruh wilayah Indonesia, mempunyai potensi sebagia bahan baku spons terbarukan yang prospektif untuk dikembangkan, dengan beberapa kelebihannya dibanding spons sintetik yaitu selain dapat diperbarui, juga bersifat ramah lingkungan karena dapat terurai secara alami dan kontinuitas bahan bakunya terjamin.

Gambar. Pohon dan buah bestru (Luffa aegyptica) a) daun, b) bunga, c) buah, d) spons bestru yang kering, e) penampang spons bestru, dan f) biji.

 

Selengkapnya klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *