Potensi Ampas Tebu sebagai Bahan Baku Penghasil Listrik

Artikel Tebu Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Limbah tebu seperti ampas dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Ampas tebu biasa digunakan sebagai sumber energi bagi Pabrik Gula (PG). Keuntungan menggunakan ampas tebu sebagai biomassa antara lain ampas tebu merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui.

Di Indonesia jumlah ampas tebu melimpah, mampu mengurangi polusi dan efek rumah kaca. Hasil pembakaran dari ampas tebu relatif bersih, dapat meningkatkan perekonomian di pedesaan.

Energi ampas tebu digunakan untuk uap dan pembangkit listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan PG. Dalm 1 MT giling tebu dihasilkan 0,33 MT atau 33% dari tebu yang digiling dihasilkan ampas.

Ampas tebu yang digunakan sebagai bahan bakar dalam proses pembuatan gula dengan sistem kogenerasi dapat dikonversi menjadi listrik. Kogenerasi adalah suatu sistem pemanfaatan energi dan hasilnya efektif dan efisien sehingga penggunaan energi dapat dihemat.

Penggunaan sistem kogenerasi dengan teknologi TCE dapat menghasilkan listrik sebesar 150 MWh/hari. Sedangkan teknologi BIG-GT dapat menghasilkan listrik sebesar 750 MWh/hari.

Selengkapnya… Potensi Ampas Tebu sebagai Bahan Baku Penghasil Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *