Pohon Induk Terpilih yang Berpeluang untuk Dilepas sebagai Varietas Kelapa Unggul

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Produktivitas kelapa dapat ditingkatkan secara optimal melalui penggunaan benih unggul dan perbaikan kultur teknis. Seleksi massa terhadap sifat-sifat fenotip superior untuk memperoleh genotip unggul pada tanaman kelapa sudah lama direkomendasikan.

Sumber benih kelapa Dalam yang secara alami telah mengalami proses seleksi secara tidak langsung oleh petani, ternyata memiliki produksi dan produktivitas hasil yang tinggi dibandingkan populasi kelapa Dalam lainnya, sehingga dapat dipertimbangkan untuk diteliti lebih lanjut kestabilan karakter produksinya.

Apabila hasil observasi terhadap produksinya tetap stabil setiap panen, tahan terhadap serangan hama dan penyakit kelapa utama, maka sumber benih tersebut dapat diusulkan untuk dilepas sebagai varietas unggul nasional dan menjadi sumber benih bina.

Hasil evaluasi beberapa Pohon Induk Terpilih (PIT) di beberapa Kabupaten dan Provinsi yang berpeluang untuk diteliti lebih lanjut agar bisa diusulkan pelepasannya sebagai varietas unggul kelapa.

Hasil inventarisasi dan penilaian Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan PIT kelapa di 32 provinsi menunjukan bahwa terdapat 16 lokasi BPT dan PIT kelapa yang memiliki potensi produksi kopra di atas 3 ton/ha/tahun. Pohon Induk Kelapa (PIT) terpilih dari BPT tersebut dapat dilakukan observasi lebih lanjut untuk tujuan pelepasan varietas unggul nasional.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *