Pinang Molinow-2 Asal Kotamobagu

Artikel Palma Berita Perkebunan

WARTA PERKEBUNAN – Tanaman pinang (Areca catechu L.) merupakan tanaman tahunan yang banyak dimanfaatkan dalam industri obat-obatan dan industri kimia. Sebagai tanaman trandisonal, pinang masih banyak dimanfaatkan untuk keperluan sirih-pinang dan keperluan secara adat di pedesaan Indonesia.

Selama ini tanaman pinang hanya dikenal tergolong tipe Dalam dan belum dikenal bahkan belum ditemukan pinang tipe Genjah. Hasil eksplorasi plasma nutfah di daerah Sulawesi Utara, ditemukan satu aksesi pinang tipe kate (dwarf) di daerah Kotamobagu.

Pinang Molinow-2 merupakan salah satu koleksi plasma nutfah Balai Penelitian Tanaman Palma, Badan Litbang Pertanian, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi pinang unggul terutama dimanfaatkan sebagai materi pemuliaan untuk perbaikan produktivitas tanaman pinang di Indonesia, untuk merakit varietas baru pinang dengan penampilan tanaman yang lebih pendek.

Pinang Molinow-2 memiliki karakter pembeda morfologi dari tanaman pinang lainnya, yaitu memiliki tinggi tanaman yang lebih rendah, warna buah saat muda berwarna hijau muda dan berwarna kuning saat buah matang penuh. Pinang Molinow-2 juga memiliki berat buah matang segar/butir rata-rata 62,45 g dan kandungan tannin rata-rata 11,78%, lebih tinggi dibanding aksesi pinang lainnya.

Selengkapnya download fulltext: perkebunan_Warta_PinangMolinow_15-s.pdf

Info terkait : Warta Puslitbangbun Vol. 21 No. 1, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *