Pewarisan Sifat Hermaprodit dan Kontribusinya terhadap Daya Hasil pada Jarak Pagar (Jatropha curcas L.)

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kontribusi sifat hermaprodit terhadap daya hasil tanaman jarak pagar belum banyak diketahui. Tujuan penelitian adalah mengetahui peran bunga hermaprodit terhadap daya hasil dan mekanisme pewarisannya. Penelitian dilakukan terhadap 60 genotipe jarak pagar di Kebun Percobaan Balittri Sukabumi. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei 2007 sampai dengan Juli 2010. Jarak tanam 2 m x 2 m, menggunakan 2,5 kg pupuk kandang + 20 g Urea + 20 g SP 36 + 10 g KCl per tanaman. Penelitian terdiri dari (1) evaluasi tipe bunga jarak pagar dan (2) pewarisan sifat hermaprodit dan kontribusinya terhadap daya hasil.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa delapan dari 60 genotipe jarak pagar yang dievaluasi merupakan tanaman tri-monoecious yang menghasilkan bunga jantan, bunga betina, dan bunga hermaprodit, 52 lainnya merupakan tanaman monoecious yang hanya menghasilkan bunga jantan dan bunga betina. Karakter yang dimiliki oleh delapan genotipe tri-monoecious yang dievaluasi adalah lebih lambat berbunga (mulai berbunga pada umur 120-274 hari) dan berdaya hasil rendah sampai sedang (jumlah buah 23-228 per tanaman pada tahun pertama). Kemunculan bunga hermaprodit tidak terjadi sepanjang tahun, tetapi lebih dominan pada tanaman berumur enam bulan. Persentase bunga hermaprodit berkisar 6,25-53% dari total bunga yang dihasilkan.

Persentase fruitset pada tandan bunga hermaprodit lebih tinggi dibanding tandan bunga non-hermaprodit, dengan tingkat keberhasilan rata-rata 80% (kisaran 56-100%). Pada tandan bunga yang tidak menghasilkan bunga hermaprodit, buah jadi rata-rata sebesar 50% (kisaran 11-100%). Daya hasil tanaman jarak pagar ditentukan oleh genetik tetua. Bunga hermaprodit diwariskan oleh tetua betina maupun tetua jantan. Gen pengendali sifat hermaprodit diduga adalah gen sederhana yang bersifat dominan. (\RR. Sri Hartati, dan Sudarsono)

Sumber : Jurnal Littri Puslitbang Perkebunan Vol. 19 No. 3, 2013

Download Fulltext: perkebunan_jurnal-littri_Vol19313_3.-Rr.-Sri-Hartati.1.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *