Petani Tembakau Sumba Barat Daya Magang di Balittas Malang

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Sebanyak 20 orang perwakilan petani tembakau Kabupaten Sumba Barat Daya magang di salah satu UPT Puslitbangbun yakni Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) di Malang, Jawa Timur (1/10/18). Rombongan petani tembakau bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab. Sumba Barat Daya ini ingin belajar tentang tanaman tembakau.

Balittas Malang sebagai pemegang mandat komoditas tembakau memberikan materi dua yaitu Good Tobacco Practices oleh Ir. Mochammad Sholeh dan Teknik Panen dan Pengolahan Pasca Panen Tembakau oleh Ir. Joko Hartono.’

Dalam paparannya Moch. Soleh mengatakan bahwa budidaya tembakau berdasar Good Tobacco Practices seringkali mengacu pada pemilihan lokasi yang sesuai, pemilihan varietas serta kemurnian benih, serta cara budidaya yang seringkali dipengaruhi oleh waktu tanam, jarak tanam, pemupukan, pemeliharaan, panen dan prosesing.

Selanjutnya Ir. Joko Hartono pemateri tentang teknik panen dan pengolahan pasca anen tembakau mengatakan bahwa penanganan panen terbagi dalam penentuan kemasakan daun serta prosesi pemetikan daun. Pengolahan pasca panen yang merupakan upaya dalam menyelamatkan atau meminimalisasi sisa tembakau yang telah dipetik hingga menjadi tembakau yang siap untuk dipasarkan. Proses pengolahan pasca panen tersebut terdiri dari sortasi, pemeraman, perajangan, pengeringan, dan pembungkusan.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *