Pertemuan Awal Tahun Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Puslitbangbun

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pagi ini Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Dr. Fadjry Djufry beserta pejabat struktural, peneliti dan karyawan mengadakan pertemuan awal tahun di gedung Display, Bogor (4/1/19). Pertemuan ini dalam rangka mengevaluasi kegiatan 2018 sebagai bahan masukan untuk perbaikan kinerja pada tahun 2019 serta memberikan arahan sebagai persiapan mengawali kegiatan 2019. Pada kesempatan ini dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kinerja (PK) antara pejabat esselon 2 dan esselon 3, serta antara pejabat esselon 3 dan esselon 4. Penandatangaan PK dimaksudkan untuk meningkatkan akuntabilitas perencanaan berbasis kinerja yang tertuang dalam RENSTRA.

Dalam arahannya Kepala Puslitbangbun memaparkan capaian kinerja Kementerian Pertanian dan Puslitbang Perkebunan beserta UPT dibawahnya selama tahun 2018, yang diharapkan dapat memotivasi para pejabat fungsional dan struktural untuk lebih meningkatkan kinerjanya di tahun 2019. Semua capaian yang diperoleh perlu didiseminasikan kepada masyarakat agar teknologi inovasi yang dihasilkan bisa dimanfaatkan oleh semua stakeholders. Diseminasi dimaksudkan juga sebagai wujud pertanggungjawaban atas dana yang dialokasikan oleh pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan serta tata laksana organisasi.

Kapuslitbang Perkebunan mengingatkan semua staf untuk disiplin dan tepat waktu dalam memenuhi semua persyaratan administrasi yang diminta sesuai ketentuan yang berlaku termasuk pengisian e-kinerja, e-personal, SKP dan LHKSN. Merespond perubahan cuaca dan tuntutan kerja di lingkungan kerja di Puslitbangbun, maka dihimbau untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima dan memanfaatkan klinik yang adalah milik warga Balitbangtan untuk melakukan chek kesehatan, darah, dsb oleh dokter ahli, ujar Kapus.

Pertemuan dilanjutkan dengan pemberian informasi terkini dari Prof.Dr. Elna Karmawati dan Prof.Dr. Deciyanto Soetopo tentang pengembangan SDM Puslitbangbun termasuk mengupdate peraturan terkait jabatan fungsional. Dalam paparannya Prof. Deciyanto menekankan pentingnya penyusunan peta jabatan dan pemetaan SDM di Puslitbangbun. Selain itu, dipnadang perlu adanya sinergitas dalam menjalankan kegiatan penelitian dan manajemen dalam upaya meningkatkan kinerja Puslitbang Perkebunan serta peningkatan kinerja pegawai dalam mencapai IKU.

Semoga pertemuan ini menjadi pendorong bagi perbaikan kinerja Puslitbangbun ke depan agar bisa menjadi lembaga Litbang Perkebunan yang handal dan berkelas dunia. (Bur)

#InovasiTiadaHenti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *