Perspektif Puslitbang Perkebunan Vol. 14 No. 2, 2015

Perspektif

PUBLIKASI PERKEBUNAN – Majalah Perspektif Review Penelitian Tanaman Industri Volume 14 Nomor  2, Desember 2015 memuat 6 artikel karya tulis ilmiah. Komoditas perkebunan yang terkait dalam artikel-artikel tersebut adalah tebu, kemiri sunan, karet, lada, kenaf, dan kopi.

Komoditas perkebunan yang terkait dalam artikel-artikel tersebut adalah tebu, kemiri sunan, karet, lada, kenaf, dan kopi. Topik yang disajikan meliputi: Peran dan Pengelolaan Hara Nitrogen pada Tanaman Tebu Untuk Peningkatan Produktivitas Tebu, Potensi Pengembangan Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw) di Lahan Terdegradasi, Potensi In-Vivo Selulosa Bakterial Sebagai Nano-Filler Karet Elastomer Thermoplastics (ETPs), Strategi Peningkatan Produktivitas Lada dengan Tajar Tinggi dan Pemangkasan Intensif serta Kemungkinan Adopsinya di Indonesia, Manfaat Kenaf (Hibiscus cannabinus L.) Dalam Penyerapan Karbondioksida (CO2), dan Prospek Pengembangan Agroforestri Berbasis Kopi di Indonesia.

Semoga artikel yang disajikan dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembaca.

DAFTAR ISI

  1. Peran dan Pengelolaan Hara Nitrogen pada Tanaman Tebu Untuk Peningkatan Produktivitas Tebu; {MASTUR, SYAFARUDDIN, dan M. SYAKIR};
  2. Potensi Pengembangan Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw) di Lahan Terdegradasi; {DIBYO PRANOWO, MAMAN HERMAN, dan SYAFARUDDIN};
  3. Potensi In-Vivo Selulosa Bakterial Sebagai Nano-Filler Karet Elastomer Thermoplastics (ETPs); {NENDYO ADHI WIBOWO dan ISROI};
  4. Strategi Peningkatan Produktivitas Lada dengan Tajar Tinggi dan Pemangkasan Intensif serta Kemungkinan Adopsinya di Indonesia; {USMAN DARAS};
  5. Manfaat Kenaf (Hibiscus cannabinus L.) Dalam Penyerapan Karbondioksida (CO2); {BUDI SANTOSO, ARINI HIDAYATI JAMIL, dan MOCH. MACHFUD};
  6. Prospek Pengembangan Agroforestri Berbasis Kopi di Indonesia; {HANDI SUPRIADI dan DIBYO PRANOWO};

Penanggung Jawab :

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

Pemimpin Redaksi merangkap Anggota :

Prof.Dr. Deciyanto Soetopo (Entomologi)

Anggota Redaksi :

Prof.Dr. Bambang Prastowo (Mekanisasi Pertanian)

Prof.Dr. I Wayan Laba, M.Sc. (Entomologi)

Prof.Dr. Elna Karmawati  (Entomologi)

Dr.Ir. I Ketut Ardana (Sosial Ekonomi)

Dr.Ir. Syafaruddin (Bioteknologi)

Redaksi Pelaksana :

Dr. Drs. Iwa Mara Trisawa

Mukhasim, S.Si.

Bursatriannyo, S.Komp.

Agus Budiharto

Alamat Redaksi :

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan

Jl. Tentara Pelajar No. 1 Bogor 16111

Telp. (0251) 8313083. Faks. (0251) 8336194

E-mail : criec@indo.net.id; phpbun_2006@yahoo.co.id

Website: www.perkebunan.litbang.pertanian.go.id

Sumber Dana :

APBN 2015, DIPA Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan

Foto sampul Depan :

Tanaman Kenaf (Hibiscus cannabinus L.) (foto: Agus Budiharto)

Inset: Hamparan kenaf di lahan Bbonorowo Lamongan (atas) dan lahan kering sub optimal Kalimantan Timur (bawah (foto: Budi Santoso)

Disain sampul dan tata letak :

Agus Budiharto

PEDOMAN BAGI PENULIS

Pengertian : Review Penelitian Tanaman Industri merupakan karya tulis tinjauan yang berisi  suatu kajian hasil-hasil penelitian yang berupa olah pikir analisis dan sintesis sejumlah hasil penelitian yang telah diterbitkan, agar diperoleh informasi yang benar, valid, dan relevan dengan tujuan untuk  memacu  dan memberi informasi perkembangan ilmu dan teknologi di Indonesia.

Bahasa : Review memuat tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik sesuai kode etik penulisan serta mengikuti Pedoman Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Struktur : Naskah disusun dalam urutan sebagai berikut : judul tulisan, nama penulis dengan alamat instansinya, abstrak dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (200 – 300 kata) dan kata kunci (Bahasa  Indonesia dan Inggris), pendahuluan, topik-topik yang dibahas, kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka.

Bentuk Naskah : Naskah diketik di atas kertas kuarto putih pada satu permukaan saja, memakai dua spasi dan bentuk huruf Arial ukuran 12 pt. Pinggir kiri kanan tulisan disediakan ruang kosong minimal 3,5 cm dari pinggir kertas. Panjang naskah sebaiknya tidak melebihi 20 halaman termasuk tabel dan gambar.

Judul Naskah : Judul tulisan merupakan suatu ungkapan yang dapat menggambarkan fokus masalah yang dibahas dalam tulisan tersebut, dan dicantumkan dengan dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Nama dan instansi tempat kerja penulis dengan alamat yang jelas dicantumkan di bawah judul. Apabila penulisnya lebih dari satu maka penulisannya disesuaikan dengan kode etik penulisan. Pendahuluan: Berisi suatu pengantar atau paparan tentang latar belakang topik, ruang lingkup bahasan dan tujuan review. Jika diperlukan, sajikan pengertian-pengertian dan cakupan bahasan.

Topik bahasan : Informasi tentang topik yang dibahas dan disusun dengan urutan logika secara  sistematis, termasuk sintesis dan analisis. Misalnya, pengungkapan status perkembangan ilmu dan teknologi, penjelasan tentang perbedaan pendapat, pengungkapan konsepsi baru, pengungkapan pemecahan masalah untuk bahan kebijakan, dan pengungkapan aspek yang perlu dibuktikan kebenarannya atau yang perlu memperoleh dukungan disiplin lain.

Kesimpulan dan Saran : Merupakan inti sari pembahasan dan dapat berisi himbauan tergantung dari materi bahasan.

Daftar Pustaka : Pustaka yang dirujuk hendaknya rujukan yang terbaru dan mutakhir yaitu rujukan yang terbit dalam 5-10 tahun terakhir. Pustaka primer diharapkan lebih banyak daripada pustaka sekunder. Jumlah rujukan tergantung pada luasnya topik atau banyaknya penelitian dari topik yang dibahas dan disarankan karya tulis tinjauan kurang lebih menggunakan 30 rujukan yang relevan, agar topik yang dibahas terdiri atas hasil penelitian yang cukup banyak. Contoh Penulisan Sumber Acuan :

Jurnal

Azrai, M., F.  Kasim, Sutrisno, dan S. Moeljopawiro. 2003. Identifikasi lokus karakter kuantitatif ketahanan penyakit bulai pada jagung menggunakan RFLP. Jurnal Bioteknologi Pertanian 8(1) : 8-14.

Trisawa, I.M. dan I.W. Laba. 2006. Keefektifan Beauveria bassiana dan Spicaria sp. terhadap kepik renda lada Diconocoris hewetti (Dist.) (Hemiptera: Tingidae). Bulletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat XVII(2) : 99-106.

Buku

Bradbury, J.F. 1986. Guide to Plant Pathogenic Bacteria. CAB International Mycological Institute. Ferry Lane, Kew Surrey, England. 329 pp.

Bab dalam buku

Weiss, R. 1984. Experimental biology and assay of RNA tumor viruses. Dalam : R. Weiss, N. Teich, H. Varmus, and Coffin J. (ed). RNA Tumor Viruses. Vol. 1, New York : Cold Spring Harbor Laboratory. p. 209-260.

Abstrak

Rusmana I., R.S. Hadioetomo 1991. Bacillus thuringiensis Berl. dari peternakan ulat sutera dan toksisitasnya. Abstrak Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia. Bogor, 2-3 Des 1991, A-26, hlm 26.

Prosiding

Raffiudin, R., D. Nandika, M. Amir, and N. Sugiri. 1991. Populasi flagelata pada usus rayap Captotermes curvignatus Holmgren dengan pemberian pakan tiga jenis kayu. Dalam Prosiding Seminar Ilmiah dan Kongres Nasional Biologi X, Vol. 2. Bogor, 24-26 September 1991. Hlm 482-487.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *