Perkembangan “Lada Bogor” di Bangka

Artikel Lada Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Akhir-akhir ini di Bangka berkembang lada lokal yang dikenal dengan sebagai “Lada Bogor”. Karakteristik morfologinya mirip dengan lada varietas Merapin, tetapi ukuran daun lada Bogor lebih besar. “Lada Bogor” juga sering disebut sebagai Merapin Daun Lebar, tetapi pinggiran daunnya melengkung ke bawah (sehingga daun tampak cembung). Namun “lada Bogor” belum pernah diuji baik untuk hasil, mutu dan ketahannya terhadap penyakit busuk pangkal batang (BPB).

“Lada Bogor” telah berkembang pesat di Bangka, dan benihnya telah beredar luas di masyarakat. Peredaran “lada Bogor” yang pesat, diduga terkait dengan klaim petani bahwa “lada Bogor” tahan terhadap penyakit BPB.

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Badan Litbang Kementerian Pertanian telah melakukan uji ketahanan “lada Bogor” terhadap penyakit tersebut secara in vitro. Hasil pengujian menunjukkan bahwa “lada Bogor” ternyata rentan terhadap penyakit BPB, bahkan lebih rentan dibandingan dengan lada varietas Petaling 1. Disarankan agar dilakukan uji observasi maupun uji adaptasi agar “lada Bogor” dapat direkomendasikan sebagai varietas unggu lokal.

Selengkapnya download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-7-4-2015.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *