Perbaikan Teknik VCO Dengan Metode Sentrifugasi

Inovasi Kelapa Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Virgin Coconut Oil (VCO) dapat dihasilkan melalui esktraksi basah atau kering. Pada ekstraksi kering, VCO dihasilkan dengan bahan baku kelapa parut kering. Ekstraksi cara basah, VCO diperoleh melalui pemanasan, fermentasi dan sentrifugasi krim kelapa. Pada prinsipnya mutu VCO yang dihasilkan dengan kedua cara tersebut hampir sama yaitu bening, kadar air dan kadar asam lemak bebas yang sangat rendah.

Cara sentrifugasi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan cara ekstraksi yang lain yaitu waktu proses paling singkat, hanya sekitar 1 jam untuk menghasilkan VCO dari krim kelapa.

Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) telah mengembangkan proses pengolahan VCO dengan sistem sentrifugasi. Pengolahan VCO dengan cara sentrifugasi sangat sesuai dilakukan pada skala petani/kelompok tani dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani kelapa.

Diperkirakan sekitar 15 liter VCO bermutu tinggi dapat dihasilkan dari pengolahan 300 butir kelapa dan hasil ikutan minyak goreng sehat sebanyak 9 L.

Apabila teknologi tersebut diadopsi oleh kelompok tani kelapa dengan catatan bahwa harga jual VCO di pasaran sekitar Rp 200.000,- per liter dan minyak goreng sehat Rp 20.000 per liter, maka diperkirakan penerimaan penjualan bruto yang diterima kelompok tani selama 25 hari kerja masing-masing sebesar Rp 75.000.000 (VCO) dan Rp 4.500.000 (minyak goreng sehat). Hasil ikutan lain yang diperoleh yaitu air kelapa dapat diolah menjadi nata de coco, ampas kelapa menjadi pakan ternak, debu sabut menjadi pupuk organik dan tempurung menjadi briket. (Steivie Karouw/Balit Palma).

Alat Sentrifugasi.                                                                       Alat pemeras kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *