Peran Aktif Puslitbangbun, Balitbangtan dalam Mendiseminasikan Teknologi Inovasi diapresiasi oleh Wagub Bangka Belitung

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Puncak hari jadi kota Tanjung Pandan ke 181 dilaksanakan di Pantai Wisata Tanjung Pendam pada hari Senin 1 Juli 2019, yang dirangkaikan dengan kegiatan “Belitung Expo 2019”, pada tanggal 1-5 Juli 2019. Kegiatan diawali dengan tarian budaya Kabupaten Belitung, dilanjutkan pembukaan oleh Wakil Gubenur Bangka Belitung (Drs. Abdul Fattah), yang didampingi oleh Bupati Kab. Belitung (H. Sahani Saleh), Wakil Bupati (Isyak Meirobie), Ketua DPRD serta dihadiri oleh para pejabat Pemda Kab. Belitung para Ketua Tim Penggerak PKK, Sekda Kab. Belitung, Ketua Dharma Wanita serta para undangan.

Foto: Pembukaan Hari jadi Kota Tanjung Pandan ke 181.

Wakil Gubenur Belitung, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Expo 2019 adalah sarana yang baik sebagai ajang promosi. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat menggairahkan, membuka cakrawala para pelaku usaha, khususnya UKM di Kab. Belitung dalam memamerkan produk unggulan pada masyarakat, sarana pendidikan dan sebagai penghubung antar pelaku usaha serta jaringan informasi pelaku usaha/ masyarakat. Wakil gubernur juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tanjung Pandan untuk menjaga kebersihan, karena kota yang bersih, rapi, masyarakat yang santun didukung oleh pariwisata yang menyajikan keindahan alam, akan menarik para wisatawan/turis untuk datang ke Kab. Belitung” ujar Wakil Gubenur.

Foto: Wakil Gubenur Bangka Belitung akan meresmikaan pembukaan Belitung Expo 2019.

Bupati Kab. Belitung dalam sambutannya mengulas sejarah berdirinya Kota Tanjung Pandan dan proses dilaksanakannya Belitung Expo, yang dimulai pada tahun 2013-2019. Beliau sangat berbangga karena disetiap tahun pelaksanaanya semakin semarak dibuktikan dengan meningkatnya peserta Expo dan antusias masyarakat”, kata Beliau. Acara rutin Belitung Expo 2019 yang digelar oleh Pemerintah Kota Tanjung Pandan memamerkan produk-produk unggulan, teknologi inovasi, dan pariwisata, diikuti oleh UKM binaan Dinas Kabupaten Belitung dan dihadiri oleh 104 peserta (40 peserta dari Dinas Kab. Belitung dan 64 dari Jawa Barat, Sumatera, serta Kementerian).

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian sebagai koordinator, bersama Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis menampilkan produk hasil pertanian segar maupun olahan yang berasal dari tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perikananan, dan sektor perkebunan.

Foto: Wakil Bupati Kab. Belitung (Isyak Meirobie), bersama Kepala BPTP Bangka Belitung Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP . dan Tim Belitung Expo.

Produk invensi yang dipamerkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Balitbangtan, Kementan antara lain ialah, produk olahan tanaman obat dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Kopi hasil penelitian dengan citarasa khas dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Produk makanan hasil olahan minyak kelapa dari Balai Penelitian Tanaman Palma serta Teh Rosela yang merupakan salah satu produk unggulan hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas). Selain itu pada booth Puslitbangbun juga turut disediakan buku dan leaflet memuat informasi tentang lada, kencur, aren, kopi, nilam, jahe. kemiri sunan, varietas tebu unggul baru, kelapa sri gemilang, bio diesel aditif, kelapa puan kalianda, profil puslitbun, varietas unggul tebu baru AAS agribun. Produk-produk yang dipamerkan antara lain VCO, minyak kelapa, gula semut, teh rosela, purwoceng, temulawak, jati belanda, jahe merah, aneka balsem, minyak sereh, kopi, dan kakao.

Foto: Tim Belitung Expo.

Wakil Gubenur Bangka Belitung didampingi oleh Bupati Kab. Belitung, Wakil Bupati Belitung, Ketua DPRD beserta perangkat Pemda setelah meresmikan Expo Belitung 2019 langsung menuju Booth Balitbangtan, dan diterima langsung oleh Ibu Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Dr. Ir. Retno Sri Hartati, Mulyandari, M.Si dan Kepala BPTP Bangka Belitung (Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP). Beliau sangat mengapresiasi Balitbangtan yang telah ikut berpartisipasi mendukung pelaksanaan Belitung Expo dan tertarik untuk mengembangkan varietas unggul baru yang dihasilkan oleh Balitbangtan. (/Sdr.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *