Perakitan Kapas Transgenik Produktivitas >3 Ton/Ha

Artikel Kapas Inovasi Teknologi Produk Inovasi

INOVASI PERKEBUNAN – Perakitan Kapas Transgenik dengan Produktivitas >3 Ton/Ha, Tahan Hama Penggerek dan Keterbatasan Air. Pendekatan perbaikan varietas melalui rekayasa genetik dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam mengatasi kendala pada pemuliaan konvensional, dimana gen yang mempunyai sifat unggul yang bersumber dari spesies lain diintroduksi ke dalam genom kapas sehingga didapatkan tanaman kapas transgenik dengan keunggulan yang diinginkan antara lain tahan hama dan keterbatasan air.

 

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan isolasi gen penyandi ketahanan terhadap hama penggerek buah kapas, melakukan isolasi gen penyandi ketahanan terhadap kekeringan, melaksanakan optimasi teknik regenerasi kultur jaringan kapas, dan transformasi kapas melalui Agrobacterium tumefaciens, dan melaksanakan optimasi teknik transformasi kapas langsung pada ‘pollen tube’; dengan sasaran akhir untuk menghasilkan 1-2 varietas kapas transgenik tahan hama penggerek berproduktivitas > 3 ton/ha, dan 1-2 varietas kapas transgenik tahan kekeringan berproduktivitas > 3 ton/ha.

Hasil yang telah dicapai adalah (1) diperolehnya hasil amplifikasi gen CpTI berasal dari tanaman kacang tunggak, gude, dan komak berukuran 326 bp. Gen terisolasi akan dipelajari sekuensnya untuk dikonstruksi dalam vektor transformasi yang penelitian berikutnya (2) diperolehnya amplifikasi gen DREB telah menghasilkan produk PCR yang sangat spesifik untuk widuri berukuran 138 bp, dan non-spesifik untuk kacang tunggak, gude, dan komak.

Selain itu, juga gen P5CS yang sangat spesifik untuk kacang tunggak dan gude berukuran sekitar 500 bp. Gen terisolasi akan dipelajari sekuensnya untuk dikonstruksi dalam vektor transformasi yang penelitian berikutnya, (3) diperolehnya kultur tunas pucuk telah berhasil menumbuhkan multiple shoot dari varietas Kanesia 8 dan Coker 315 dengan jumlah tunas 1-7 tunas per eksplan.

Selain itu juga dari Kanesia 7, Kanesia 10, Kanesia 11, Kanesia 12, Kanesia 13, Kanesia 14 dan Kanesia 15 dengan jumlah tunas berkisar antara 1-4 tunas per eksplan dan (4) diperoehnya transformasi langsung melalui pollen tube dilakukan pada bunga 1-2 hari setelah antesis pada varietas Kanesia 8 dan Coker 315 dan telah dihasilkan benih sejumlah 5959 putatif transgenik. Dengan estimasi transgenesi sebesar 2.27%, maka estimasi jumlah individu transgenik yang diperoleh adalah 133 individu (To).


(a)                                                                     (b)                                    (c)

Gambar  1.  Pelaksanaan pollentube transformasi pada kapas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *