Jarak Pagar Transgenik

Artikel Jarak Pagar Berita Perkebunan Inovasi Jarak Inovasi Teknologi Produk Inovasi

INOVASI PERKEBUNAN – Salah satu metode untuk memperoleh varietas tahan terhadap kekurangan air dengan produktivitas >10 ton dan kadar minyak >35% adalah transfer gen penyandi sifat yang diinginkan (tahan kekurangan air dan produksi minyak tinggi) ke dalam genom tanaman jarak pagar yang telah diketahui produksinya >10 ton.

Tujuan jangka panjang kegiatan ini untuk memperoleh tanaman jarak pagar transgenik yang tahan terhadap kekurangan air dengan produktivitas >10 ton dan memiliki kadar minyak >35%, sehingga dapat dikembangkan pada lahan-lahan dengan kondisi kekurangan air.

Hasil sementara yang diperoleh pada tahun iniĀ  adalah :

  1. Desain primer untuk gen DREB, P5CS, dan DGAT1.
  2. DNA tanaman widuri, wijen dan jarak kepyar dalam jumlah cukup untuk kebutuhan kloning selanjutnya. Gen DREB (ketahanan kekurangan air) dari tanaman widuri dan gen DGAT1 dari tanaman jarak kepyar dan wijen.
  3. Konsentrasi Timentin yang optimum untuk menekan pertumbuhan A. tumefaciens tanpa merusak jaringan kotiledon maupun embrio.
  4. Konsentrasi optimum kanamycin pada media seleksi untuk kotiledon adalah 150 mg/l dan untuk embrio adalah 50 mg/l.
  5. Teknik transformasi melalui kultur jaringan dan embrio, namun perlu diulang untuk meningkatkan efisiensi keberhasilan transformasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *