Penyeratan Abaca dengan Dekortikator: Kendala dan Harapan

Berita Perkebunan Serat

INFO PERKEBUNAN – Serat abaca diambil dari pelepah daun abaca. Panen abaca dilakukan dengan melakukan tebang pilih terhadap tanaman yang telah muncul daun bendera sampai dengan tanaman sebelum muncul bunga. Penyeratan dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin dekortikator.

Penyeratan abaca secara manual dengan dua orang tenaga kerja selama 8 jam dapat menghasilkan sekitar 4 kg serat kering dengan rendemen serat 1%. Sementara itu, penyeratan dengan dekotikator menggunakan tenaga berupa mesin diesel 0.5 PK dengan 2 orang ternaga dapat menghasilkan serat kering sebanyak 30 kg dalam waktu 8 jam dengan rendemen 3,7% seperti pada Gambar.

Penggunaan alat dekortikator memberikan nilai lebih untuk penyeratan abaca dibandingkan dengan penyeratan secara manual. Meskipun demikian, penyeratan abaca dengan dekortikator yang ada masih banyak serat yang hilang akibat serat yang putus atau adanya sisa penyeratan. Selain itu, pada pelepah yang panjangnya lebih dari 2 meter dalam proses pelepasan pelepah daun mengalami patah maka serat yang dihasilkan mengalami pencokelatan.

Adanya kekurangan pada dekortikator, masih memung-kinkan untuk meningkatkan kapasitas penyeratan abaca dengan dekortikator. Perlu dirancang dekortikator yang dapat menyerat dengan kapasitas yang lebih banyak, rendemen serat tinggi, mutu serat bagus sehingga dapat menekan biaya produksi serat abaca.

Selengkapnya Download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-9-4-2017.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *