Peningkatan pengetahuan manajemen perbenihan komoditas kelapa bagi aparatur Ditjenbun

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Perbenihan tanaman kelapa adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengadaan, pengelolaan dan peredaran benih tanaman kelapa. Benih tanaman kelapa merupakan salah satu sarana budidaya tanaman kelapa yang mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam upaya peningkatan produksi dan mutu hasil budidaya tanaman kelapa yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan petani dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan sebagian aparatur, Balai Penelitian Tanaman Palma, Manado, memberikan bimbingan teknis perbenihan kelapa bagi staf Subdirektorat Perbenihan, Direktorat Tanaman Tahunan, Direktorat Jenderal Perkebunan. Kegiatan yang dilakukan selama 5 hari tersebut menyampaikan materi yang berhubungan dengan teknologi perbenihan kelapa. Penyampaian materi dalam bentuk teori dan diskusi, praktek dan diskusi di kebun percobaan serta kunjungan studi banding di perkebunan kelapa rakyat.

Adapun materi yang diberikan bersifat teori dan praktek antara lain: Inovasi Teknologi Balai Penelitian Tanaman Palma, Pengenalan Varietas Kelapa, Penentuan Blok Penghasil Tinggi (BPT) Kelapa, Penentuan Pohon Induk (PIK) Kelapa, Seleksi Buah Untuk Benih Kelapa, Analisis Mutu Benih Kelapa, Teknik Perbenihan dan Pembibitan Kelapa. Hama Kelapa dan Pengendaliannya. Penyakit Kelapa dan Pengendaliannya dan Budidaya Kelapa (Jarak Tanam, Pemupukan, Pengendalian Gulma, Pemanfaatan Lahan di Antara Tanaman Kelapa dan Peremajaan Kelapa).

Nara sumber materi pelatihan terdiri dari para peneliti yang dibantu oleh teknisi lapangan Balai Penelitian Tanaman Palma Manado. Secara keseluruhan pendapat peserta tentang pelayanan publik selama mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah baik.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma (Indonesian Palmae Research Institute)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *