Peningkatan Kinerja Melalui ISO 9001;2015

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Sistem Manajemen Mutu merupakan sarana yang penting bagi Puslitbang Perkebunan dalam memastikan pencapaian target mutu yang ditetapkan secara efisien, konsisten dan terukur.  Beberapa parameter untuk mengukur kinerja Puslit antara lain melalui audit internal dan eksternal.  Opening Meeting Audit Eksternal ISO 9001:2015 oleh PT. Mutuagung Lestari dilakukan pada tanggal 3 September 2019, yang diawali dengan sambutan dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Ir. Syafaruddin, Ph.D, didampingi oleh para Pejabat eselon 3 dan 4.

Kapuslitbangbun menyambut baik pelaksanaan audit sebagai salah satu alat standarisasi prosedur kerja dan pelayanan, memastikan kinerja Puslitbangbun dalam pencapaian tujuan dan target yang telah ditetapkan, serta meningktakan kualitas kerja dan pelayanan.  Syafaruddin mengharapkan kerjasama yang baik dari seluruh pejabat dan staf dalam menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan demi kelancaran audit yang dilaksanakan oleh PT. Mutuagung Lestari yang diwakili oleh Arie Milasari QMS sebagai Lead Auditor. Tim Auditor diharapkan dapat memberikan masukan yang berdampak positif dan bersifat membangun untuk peningkatan kinerja Puslitbang Perkebunan kedepan.

Tim Auditor akan melakukan audit selama 3 hari pada area kerja bidang Program dan Evaluasi, Kerjasama, Diseminasi, dan Pendayagunaan Hasil Penelitian, dan Bagian Tata Usaha serta Kelompok Peneliti. Audit dilaksanakan melalui metode wawancara, diskusi, pengecekan lapangan/lokasi dan pemberian evidence jika diperlukan. Auditor dari PT Mutuagung lestari mengapresiasi kerjasama yang baik dari semua bidang dan bagian yang diaudit, dan menyampaikan bahwa secara umum, Puslitbangbun telah menunjukkan perbaikan dalam penerapan system managemen mutu dan berharap agar kualitas managemen dan pelayanan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Audit yang dilaksanakan secara intensif, ditutup pada Kamis 5 September 2019. Audit external ISO 9001: 2015 ditutup oleh Plh Kapuslitbangbun, Ir. Jelfina C. Alouw, MSc, PhD., dan dihadiri oleh pejabat esselon 3 dan 4. Plh Kapuslitbangbun mengapresiasi semua yang telah terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan audit eksternal ini dan berharap agar kualitas kerja tetap dipertahankan dan saran perbaikan yang telah disampaikan oleh Milasari sebagai lead auditor dapat segera ditindaklanjuti untuk peningkatan kinerja Puslitbangbun sebagai lembaga riset dan pengembangan perkebunan dalam menciptakan teknologi inovasi bagi para stakeholder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *