Peningkatan Kemampuan dan Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah serta Aplikasi OJS

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) melaksanakan Workshop Peningkatan Kemampuan dan Bimbingan Penulisan Artikel Ilmiah serta Aplikasi Berbasis open journal system (OJS). Workshop diikuti oleh para peneliti, penyunting ahli dan penyunting pelaksana majalah ilmiah yang berasal dari Puslitbangbun, Balai Penelitian lingkup Puslitbangbun (Balittro, Balittas, Balit Palma, dan Balittri) serta Unit Kerja lain di kampus penelitian Cimanggu Bogor.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah untuk mengantisipasi mulainya penerapan publikasi berbasis open journal system (OJS), demikian dikatakan oleh Pgs Kepala Puslitbangbun, Andi Nur Alamsyah, ST., MT., dalam sambutannya yang didampingi oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dr. Agus Wahyudi. Dengan mengikuti workshop ini diharapkan para peneliti, dewan redaksi dan redaksi pelaksana dapat menyesuaikan dengan platform jurnal ilmiah internasional pada umumnya, harap Nur Alam.

Workshop yang diselenggarakan selama dua hari (25-26 Mei 2016) menampilkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Hari pertama pemaparan dari narasumber : (1) Prof.Dr. Supriadi (peran penulis dalam mempertahankan akreditasi majalan ilmiah, (2) Prof.Dr. Ismeth Inounu (cara pengacuan dan pengutipan, serta penyusunan daftar pustaka, dan (3) Ir. Rachmat Hendayana, MS. (meningkatkan ketajaman analisis dan sintesis artikel). Hari kedua narasumber Andri Agus Rahman dari Pusbindiklat LIPI yang memaparkan “pengelolaan publikasi elektronis menggunakan aplikasi OJS”. Pemaparan narasumber dari LIPI dalam bentuk teori dan praktek penggunaan aplikasi OJS.

Acara workshop ini ditutup oleh Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Dr. I Ketut Ardana, dengan harapan semua materi yang disampaikan oleh para narasumber dapat diterapkan dalam pengelolaan jurnal ilmiah berbasis OJS nantinya, ujar Ardana.

Foto: Suasana pembukaan workshop OJS oleh Pgs. Kepala Puslitbangbun, Andi Nur Alamsyah, ST., MT. (kiri), dan pemaparan materi oleh narasumber Prof.Dr. Supriadi (kanan).

Foto: Pemaparan materi oleh narasumber Prof.Dr. Ismeth Inounu (kiri), dan narasumber Ir. Rachmat Hendayana, MS. (kanan).

Foto: Pemaparan materi oleh narasumber Andri Agus Rahman dari LIPI (kiri), dan suasana penutupan acara workhop OJS oleh Kepala Bidang KSPHP Puslitbangbun Dr. I Ketut Ardana (kanan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *