Pengusaha Arab Melirik Investasi Kopi di Indonesia

Artikel Kopi Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Badan Litbang Kementerian Pertanian disambangi pengusaha Arab Abdullah Al Khahtani (26/5/17). Dalam kunjungan tersebut sang pengusaha didampingi oleh Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah dan Organisasi Kerjasama Islam/OKI Moehammad Amar Ma’ruf dan Tim.

Kunjungan disambut oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D (Kepala Balittri) mewakili Kepala Puslitbangbun didampingi beberapa pejabat struktural dan peneliti Puslitbangbun sekaligus menyampaikan profil Puslitbangbun.

Moehammad Amar Ma’ruf memaparkan bahwa tujuan kedatangan mereka karena ketertarikan pengusaha Arab untuk berinvestasi dalam pengembangan kopi di Indonesia. Dalam kesempatan ini, Abdullah Al Khahtani menceritakan awal mula niatnya untuk melebarkan usahanya ke tanaman kopi yang kemudian disambut baik oleh pemerintah Arab dan menyarankan agar melakukan investasi di Indonesia.

Partner usahanya di Indonesia, Ira Rachmawati, menyampaikan bahwa mereka berniat untuk berinvestasi dalam pengembangan tanaman kopi Robusta dengan luasan sekitar 300 ha. Tidak hanya bertanam kopi, mereka juga akan sekaligus mengolahnya di Indonesia.

Puslitbangbun yang diwakili oleh Ir. Syafaruddin, Ph.D dengan senang hati menyambut niat tersebut dan menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian memang sedang menunggu investasi dari luar dalam pengembangan pertanian Indonesia, ujar Syafarudin. Tim Puslitbangbun memberikan saran dan tahapan terkait pencarian lokasi daerah pertanaman. Tidak hanya itu, Puslitbangbun bersedia membantu dalam pemilihan materi genetik sampai ke tahapan pengolahan, imbuh Syafarudin.

Diakhir acara, Ir. Syafaruddin, Ph.D., memberikan cendera mata berupa produk olahan kopi dan kakao yang merupakan hasil inovasi dari Balai Penelitian Tanama Industri dan Penyegar.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *