Pengurangan Penggunaan Insektisida pada Kakao

Artikel Kakao Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Insektisida dapat meningkatkan produktivitas kakao, namun jika residu insektisida ditemukan berada di atas batas maksimum residu akan merugikan kesehatan manusia dan akan mengalami devisa bagi negara. Ekspor kakao dari Indonesia dapat diklaim oleh negara tertentu apabila residu insektisida melebihi batas maksimum yang ditetapkan negara pengimpor.

Pengendalian hama kakao dengan insektisida merupakan cara yang umumnya digunakan, karena efektif, menurunkan OPT dengan cepat, aplikasi relatif mudah, harga relatif murah, tersedia di pasaran, dan dapat digunakan pada saat terjadi eksplosi hama. Akan tetapi penggunaan insektisida yang tidak tepat jenis, dosis, cara, sasaran, waktu dan tempat akan berdampak negatif terhadap makhluk hidup dan lingkungan.

Perbaikan penggunaan insektisida pada tanaman kakao dilakukan dengan mengurangi aplikasi insektisida dan meningkatkan pemanfaatan musuh alami hama serta menanam varietas tahan. Penggunaan insektisida dilakukan hanya untuk menurunkan populasi hama yang berada di atas ambang ekonomi.

Selengkapnya…Pengurangan Penggunaan Insektisida pada Kakao

Info terkait: Warta Puslitbang Perkebunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *