Penguatan Pengelolaan Layanan Informasi Publik PPID Puslitbang Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Sebagai badan Publik Kementerian Pertanian telah mengimplementasikan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sesuai undang-undang nomor 14 tahun 2008 sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 Tahun 2011 tentang standar layanan informasi publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diseluruh Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis di Indonesia.

Setiap PPID lingkup Kementerian Pertanian khususnya Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Litbang Pertanian berkewajiban memberikan, menciptakan dan menjamin kelancaraan segala bentuk pelayanan informasi kepada publik secara maksimal. Berkaitan dengan pentingnya pelayanan informasi yang prima tersebut, Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian mengadakan Rapat Koordinasi PPID Tahun 2019 dengan mengangkat tema “Penguatan Pengelolaan Layanan Informasi Publik, Selangkah Menjadi Badan Publik Informatif” pada selasa, 1 oktober 2019 di Margo Hotel Depok Jawa Barat.

Rakor dibuka oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Bapak Kuntoro Boga Andri, S.P., M.Agr., Ph.D. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh PPID lingkup Kementan dari Seluruh Indonesia tersebut, beliau menyampaikan maksud diselenggarakannya kegiatan ini ialah agar seluruh PPID Kementan kedepan lebih maksimal dalam memberikan pelayanan prima yang pada akhirnya akan berdampak pada pemohon dan pengguna informasi publik yang terdiri dari perorangan atau badan hukum, kelompok masyarakat, instansi pemerintah maupun masyarakat umum. Selain itu juga sebagai upaya menyamakan persepsi dan bertukar informasi mengenai strandar pelayanan informasi yang baik.

Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J. Kede yang hadir sebagai narasumber memberikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian yang sejauh ini telah memberikan pelayanan informasi dengan sangat baik kepada masyarakat. Hendra juga menambahkan bahwasanya pelayanan informasi bukan hanya harus menunggu adanya permintaan informasi dari masyarakat, namun sebagai PPID kita juga wajib memberikan informasi yang bersifat partisipatif untuk dijadikan referensi oleh masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan khususnya mengambil keputusan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Bapak Dr. Ir. Momon Rusmono, MS turut hadir pada malam penganugerahaan KIP 2019 bagi UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian berprestasi yang juga merupakan rangkaian acara dalam Rakor PPID 2019 kali ini. Beliau berharap agar seluruh PPID lingkup Kementan mampu untuk lebih proaktif dalam setiap kegiatan dengan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saat ini, salah satunya dengan menyediakan informasi secara lengkap di website masing-masing Unit Kerja Kementan.

Diakhir kegiatan Momon Rusmono menyerahkan hadiah kepada para pemenang dari masing-masing UK/UPT berprestasi dalam hal keterbukaan informasi publik juga kepada para pemenang Lomba Vlog Kementan dengan tema indonesia menuju lumbung pangan dunia 2045 yang diadakan Biro Humas Kementan pada bulan agustus 2019 bekerjasama dengan Media Indonesia.

Pada kesempatan tersebut PPID Puslitbang Perkebunan yang hadir sebagai peserta rakor juga turut memperoleh penghargaan sebagai juara 2 pemenang lomba Vlog Kementan Kategori Internal yang diikuti lebih dari 200 peserta lingkup Kementan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *