Pengembangan Tanaman Pemanis Stevia rebaudiana (Bertoni) di Indonesia

Inovasi Stevia Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Stevia rebaudiana (Bertoni) merupakan tanaman pemanis yang berasal dari Paraguay dan saat ini menyebar ke beberapa negara Asia, Eropa, dan Canada. Daun tanaman ini mengandung steviosid dan rebaudiosid A yang tingkat manisannya sampai 300 kali dari sukrosa yang terkandung dalam dalam tanaman tebu.

Selain sebagai bahan pemanis makanan dan minuman, ekstrak daun stevia juga bermanfaat bagi kesehatan, karena berkadar kalori rendah, anti oksidan, anti jamur, dan non karsinogenik. Oleh karena itu tanaman ini berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia sebagai substitusi impor gula yang terus meningkat.

Saat ini budidaya stevia secara komersial terdapat di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pengembangan stevia dapat diarahkan ke daerah lain dengan ketinggian di atas 700 m di atas permukaan laut dan mempunyai curah hujan rata-rata minimal 1400 mm/tahun.

Kendala pengembangan stevia antara lain adalah perbanyakan bibit dalam jumlah besar dan masih adanya rasa pahit dalam ekstrak produknya, serta harga jualnya yang masih belum kompetitif.

Diperlukan dukungan penelitian yang difokuskan pada teknik perbanyakan bibit yang efektif dan efisien, identifikasi kesesuaian lahan, dan perbaikan teknologi pasca panen untuk meningkatkan daya saing dan nilai jualnya.

Selengkapnya download full text: perkebunan_Djajadi-Pengembangan1.pdf

Link terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *