Pengaruh Proses Membran Ultrafiltrasi dan Ultraviolet terhadap Komposisi Gizi, Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Minuman Air Kelapa

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kendala dalam pengembangan produk berbasis air kelapa adalah sifatnya yang mudah rusak. Tidak seperti teknik pengolahan yang melibatkan suhu tinggi seperti pasteurisasi dan ultra high temperature (UHT), proses ultrafiltrasi dan ultraviolet potensial untuk memperpanjang umur simpan minuman air kelapa tanpa merusak kandungan gizi dan sifat organoleptik khasnya.  

Uji organoleptik dilakukan oleh 20 orang panelis untuk menilai mutu hedonik (aroma, rasa manis, rasa asin, rasa asam dan kekeruhan) dan penerimaan (kesukaan dan uji peringkat), dengan membandingkan antara AKS dan MUU dengan minuman air kelapa komersial (MAK). MUU menunjukkan komposisi gizi dan sifat fisikokimia yang tidak berbeda dengan AKS (p>0,05), kecuali pada kadar gula total (p=0,049), kejernihan (p=0,001), nilai L* (tingkat kecerahan) (p=0,000) dan b* (warna kekuningan) (p=0,002).

Selengkapnya klik Link berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *