Pengaruh Penambahan VCO dan Minyak Kedelai Terhadap Mutu dan Nilai Gizi Biskuit Bayi

Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil/VCO), yang komponen utamanya adalah asam lemak rantai medium (ALRM) bermanfaat untuk bayi, sehingga perlu dimanfaatkan pada pengolahan biskuit dengan penambahan minyak kedelai (MKD) sebagai sumber asam lemak esensial. Penambahan VCO berpengaruh terhadap kadar lemak formula biskuit bayi.

Kadar lemak keenam formula biskuit bayi yang ditambahkan VCO berkisar 25,12-28,54% atau 2-4 kali lebih tinggi dari SNI. Selain itu, penambahan VCO dapat meningkatkan jumlah asam lemak rantai medium (ALRM). Pada perlakuan F (VCO:MKD) = 17:0, jumlah ALRM sebesar 25 kali dibanding kontrol, sedangkan asam linoleat tertinggi justru diperoleh dari perlakuan kontrol, yaitu sebesar 2,11% (atau tertinggi diperoleh pada perlakuan B (VCO:MKD)=13:4, yaitu 1,76% atau 1,25 kali lebih tinggi dari yang dipersyaratkan FAO dan WHO).

Secara in vitro, biskuit Formula A (VCO: MKD = 12:5) paling banyak dikonsumsi hewan uji sebanyak 65g, dengan kenaikan berat badan sebesar 6,33%, berat protein yang dikonsumsi sebesar 11g, dan nilai PER sebesar 4,34. Demikian diungkapkan Rindengan Barlina, peneliti Balai Penelitian Tanaman Palma, Manado dalam makalah yang sudah diterbitkan pada Jurnal Penelitian Tanaman Industri Volume 20 nomor 1 tahun 2014.

Selengkapnya Download fulltext : perkebunan_Rindengan-Barlina-5.pdf

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *