Pengambilan Sumpah CPNS Lingkup Puslitbangbun Sebagai PNS

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Republik Indonesia memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan tugas sebagai abdi negara dengan sebaik-baiknya dengan mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi maupun golongan. Hal tersebut telah tertuang dalam sumpah yang diucapkan saat seseorang mulai menjabat sebagai seorang PNS khususnya di lingkungan Kementerian Pertanian.

Bertempat di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian, seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA 2018 kementerian pertanian pada hari senin 4 maret 2019 secara resmi diambil sumpahnya untuk sepenuh hati mengabdi kepada negara Republik Indonesia di hadapan para pejabat eselon I,II, III dan IV lingkup Kementerian Pertanian

Drs. Abdul Halim, M.Si selaku Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan yang turut hadir juga menghimbau kepada seluruh pegawai yang mengangkat sumpah agar selalu memberikan kinerja yang terbaik kepada Kementerian Pertanian dengan cara profesional dalam menyelesaikan semua tugas yang diberikan oleh pimpinan. Ia juga mengingatkan bahwa sumpah yang diambil hari ini adalah sesuatu yang sangat sakral sebagai bentuk janji kita yang secara langsung disampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah mengucapkan sumpah, para pegawai negeri sipil baru tersebut juga menandatangani pakta integritas kementerian pertanian yang merupakan pernyataan tertulis berisikan penegasan bahwa pengambilan keputusan senantiasa berdasarkan prinsip kemandirian (independency), penuh kehatihatian (duty of care and loyalty), profesional dan berdasarkan kepada kepentingan perusahaan semata (prudent person role), bebas dari benturan kepentingan (conflict of interest), dan mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku (duly abiding laws).

Dalam acara tersebut terdapat 7 orang CPNS dari Puslitbang Perkebunan dan 2 UPT di bawah lingkupnya (Balitro dan Balittri) yang hadir untuk melaksanakan pengambilan sumpah yaitu, Anjas Satria dari Puslitbang Perkebunan, Nurkholis, Susilawati dan Lia Anggraini dari Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, serta Mariana, Marlina dan Paramita Maris dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat.

Dalam kesempatan itu mereka berjanji akan senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik untuk Unit Kerjanya masing-masing dengan mencurahkan tenaga, menyalurkan gagasan, dan memberikan Inovasi khusunya pada dunia Penelitian dan Pengembangan Komoditas Perkebunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *