Penerapan Somatik Embriogenesis (SE) dan Teknologi Genomik untuk Perbanyakan dan Perbaikan Mutu Tanaman

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Puslitbang Perkebunan telah menyelengarakan Seminar Tematik tentang Somatik Embriogenesesis dan Genomik pada tanggal 16 Juni 2015 di Puslitbang Perkebunan.  Seminar ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing, dalam hal ini khususnya peneliti dapat mengembangkan diri dan kompetensinya secara holistik dan bermakna.  Selain itu untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kreatif yang diimbangi dengan karakter positif.

Dalam kaitannya dengan tema yang diusung, diharapkan peneliti lebih mampu lagi dalam menerapkan somatik embriogenesis dan teknologi genomik untuk perbanyakan dan perbaikan mutu tanaman,  serta menghasil tanaman unggul dengan produktivitas tinggi. Sebagai nara sumber adalah Prof. Dr. Ika Mariska (mantan peneliti BB Biogen) dan Prof. Dr. Sudarsono (IPB).

Prof. Dr. Ika Mariska mengupas tuntas tentang perkembangan biologi modern, penggunaan ilmu biologi (seluler dan molekuler) dalam pemuliaan tanaman, beberapa persyaratan untuk SE, keuntungan, kendala, dan aplikasi SE, serta contoh-contoh dalam pengembangan SE.

Sementara itu, Prof. Dr. Sudarsono membahas tentang bagaimana peran pemuliaan tanaman dapat memenuhi kebutuhan manusia masa depan, dua poros utama pemuliaan yaitu hibridisasi seksual dan identifikasi segregasi atau rekombinan unggul, plasma nutfah sebagai donor sifat unggul tertentu dalam pengembangan kultivar unggul baru, kendala dan tantangan pemuliaan, pemanfaatan teknologi genomika dan marka molekuler serta teknologi genomika untuk pengembangan kultivar unggul.

Peserta seminar yang merupakan para peneliti dari lingkup Puslitbang Perkebunan, maupun dari UK/UPT Badan Litbang Pertanian lainnya sangat antusias mengikuti paparan dari kedua nara sumber.  Hal ini juga terlihat saat dilakukan sesi diskusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *