Penebangan Kelapa Sawit Tua dengan Herbisida

Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan

WARTA PERKEBUNAN – Luas pertanaman kelapa sawit di Indonesia sampai tahun 2010 telah mencapai 7,83 juta ha dimana seluas 3,01 juta ha atau 40,15%-nya merupakan perkebunan rakyat yang umumnya telah mencapai batas umur untuk diremajakan.

Sejatinya, peremajaan sawit rakyat sudah dimulai sejak tahun 2006 dengan target peremajaan sekitar 36.382 ha/th untuk menjaga agar produksi nasional tidak mengalami stagnasi.

 

Program peremajaan sawit rakyat yang dicanangkan pemerintah melalui program revitalisasi mengalami banyak hambatan yang disebabkan karena kekhawatiran terputusnya pendapatan selama tanaman dalam masa TBM disamping kendala status lahan yang telah berubah dengan berbagai alasannya.

Peremajaan yang dilakukan secara swadaya terkendala oleh terbatasnya modal untuk biaya peremajaan dan terbatasnya akses pekebun terhadpa sumberdaya modal yang dibutuhkannya.

Model peremajaan sawit oleh perkebunan besar baik swasta maupun pemerintah secara konvensional dengan menebang pohon sawit tua telah direncanakan secara matang dan profesional dan tidak banyak mengalami kendala dalam pelaksanaannya.

Namun untuk perkebunan rakyat diperlukan teknologi peremajaan yang tidak saja mudah dilakukan oleh pekebun, tetapi juga dengan biaya yang relatif murah.

selengkapnya klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *