Pendampingan Perbenihan APBN-P TA. 2017

Artikel Tebu Berita Perkebunan Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (itjen Kementan) melaksanakan pendampingan dalam rangka pelaksanaan perbenihan tebu dari sumber anggaran APBN-P TA. 2017. Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Badan Litbang Pertanian, Kementan sebagai memperoleh mandat untuk memproduksi benih tebu dengan target 2.210.000 mata tunas (Budset) dengan sarana pendukung perbenihan. Sumber benih (G1) diperoleh dari pertanaman G0 yang diproduksi oleh Unit Penggelolaan Benih Sebar (UPBS) Balittas.

Varietas yang dikembangkan mengikuti permintaan dari masyarakat (petani) dalam hal ini varietas Bulu Lawang (BL). Selama ini petani masih fanatik menggunakan varietas terebut, karena dirasakan masih menguntungkan. Sumber benih G1 diperbanyak di KP. Asembagus dengan pengawasan dari peneliti yang berkompeten di bidangnya.

Pelaksanaan perbenihan dialokasikan di KP. Asembagus seluas 10 ha dan di KP. Karangploso seluas 3 ha. Hampir seluruh luasan sudah tertanami (10 ha) dengan tanggal tanam yang bervariasi. Kondisi tanaman di lapang cukup baik dengan pemeliharaan yang intensif terutama pemenuhan kebutuhan air melalui penyiraman, karena bertepatan dengan musim kemarau. Sumber air berasal dari 5 pompa sumur dalam yang sudah tersedia tersebar di KP. Asembagus.

Sarana dan prasarana penunjang perbenihan terdiri dari kendaraan operasional, peralatan lapang, peralatan laboratorium, gudang benih, sarana irigasi, nursery, rumah kasa dan peralatan penunjang lainnya.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *