Pencegahan Penularan Virus Corona Dengan Hand Sanitizer

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Demi mencegah penularan virus corona Covid-19, kebanyakan orang selalu sedia hand sanitizer ketika berpergian, karena beberapa ahli kesehatan telah menyarankan selalu menjaga kebersihan tangan untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri.

Faktanya, penyebaran virus corona Covid-19 yang mematikan telah membuat penjualan gel hand sanitizer pun meningkat. Ada banyak toko yang mulai kehabisan dan harus menyimpan produk kebersihan.

Sebab orang-orang mulai menyimpan produk kebersihan seperti tisu, hand sanitizer, masker, sabun dan lainnya demi melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Badan litbang pertanian melalui Balittro telah berupaya untuk menyediakan secara gratis keperluan hand sanitizer terhadap UK dan UPT lingkup Cimanggu seperti, Balittri, puslitbangnak, Puslitbun, Puslit Horti, BB pasca panen, Masjid Al-Muhajirin BCC, Mesjid IMAM HANBAL NURHASANAH Taman Yasmin, dan Mesjid Al Islah.

Dilansir dari The Sun, banyak orang tidak memperhitungkan tanggal kadaluwarsa pada hand sanitizer dan tak paham kondisi produk masih layak digunakan atau tidak.

Ternyata, hand sanitizer mulai akan kehilangan efektivitasnya membunuh kuman dan bakteri ketika kita sudah membuka segelnya.

Karena, alkohol di dalamnya menguap seiring berjalannya waktu setelah dibuka. Setelah itu, alkohol akan turun di bawah 60 persen, yang artinya tidak efektif lagi membunuh kuman.

Namun, Anda tidak perlu takut dan khawatir. Para peneliti Balittro telah membuat formula hand sanitizer sesuai standar Badan POM dan WHO dengan menggunakan campuran bahan sesuai standar yang berlaku, dan ada penambahan minyak atsiri pala, dan kenanga yang aman digunakan.

  

Sumber : http://balittro.litbang.pertanian.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *