PENAS XIV 2014, Malang, 7-12 Juni 2014

Kalender Kegiatan

Gelar Teknologi kembali dipersiapkan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) pada perhelatan PENAS XIV 2014 di Desa Kedung Pedaringan, Kepanjen, Malang. Gelar Teknologi kali ini dipersiapkan dilahan seluas 10 ha. Balitbangtan bersama dengan UK/UPT telah mempersiapkan pelaksanaan penanaman di lokasi sejak awal Februari yang lalu, demikian pula halnya dengan Ditjen teknis lainnya. Ajang PENAS diselenggarakan dalam rangka memberikan informasi bagi petani atas hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Sejalan dengan salah satu target sukses Kementerian Pertanian, Balitbangtan dalam Gelar Teknologinya menyampaikan tema ‘Pertanian Bio Industri Ramah Lingkungan.

Salah satu unggulan yang dicontohkan dalam gelar teknologi ini adalah pola tanam tumpang sari yang dapat dilakukan pada tebu – kedelai, bunga matahari – kemiri sunan, Wijen –  Sorghum dan tebu – kedelai. Biji wijen dan biji bunga matahari adalah tanaman penghasil minyak nabati, demikian ungkap Dr. M. Yusron. Demikian pula halnya dengan kemiri sunan. Namun dengan tanam tumpang sari ini maka kemiri sunan yang belum dapat dipanen sampai dengan tanaman berusia produktif diatas 4 tahun, maka wijen dan bunga matahari menjadi tanaman bonus yang dapat dipanen.

Bunga Matahari (Helianthus Annus L.) panen pada umur 120 hari setelah panen dengan produksi rata-rata 2,2 ton/ha untuk penanaman sepanjang musim dan 1,7 ton/ha untuk penanaman dua kali tanam serta memiliki kadar minyak nabati 25-50%. Wijen (Semamum Indicum L.) memiliki umur panen yang bervariasi antara 2,5 – 5 bulan. Wijen memiliki potensi produksi biji 0,9-1,6 ton/ha dengan kadar minyak nabati 45-55%. Minyak wijen juga berpotensi sebagai biofuel dan setelah melalui proses transesterifikasi untuk menghasilkan biodiesel. Sedangkan tanam tebu dengan sistem juring ganda, tidak akan mengganggu produksi tebu malah diperkirakan akan memperoleh bonus kedelai sekitar 54%.

Model-model seperti ini akan lebih efektif dilaksanakan melalui Gelar Teknologi dan tentunya dengan melihat contoh langsung petani akan memiliki banyak pilihan dalam mengelola lahannya. Datang dan saksikan Gelar Teknologi pada ajang PENAS XIV 2014 di Kepanjeng, Malang pada tanggal 7-12 Juni 2014 mendatang.

Sumber : Badan Litbang Pertanian.

Link terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *