Pemeriksaan Benih Kelapa Dalam Siap Salur di Kabupaten Alor

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dalam rangka pelaksanaan program Peremajaan Kelapa Dalam di Kabupaten Alor, telah tersedia benih siap salur yang dikelola oleh Penangkar Benih Kelapa Dalam di Desa Pailelang, Kecamatan Alor Barat Daya. Pihak Penangkar Benih meminta Pemulia dan Pengawas Benih Tanaman (PBT) untuk memeriksa benih kelapa Dalam siap salur yang telah tersedia. Pemulianya adalah Meity A. Tulalo, salah satu peneliti Pemulia Tanaman di Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Manado.

Hasil pengamatan secara visual menunjukkan bahwa kondisi benih tersedia berada dalam polibeg dan terawat. Benih yang digunakan adalah benih yang diambil dari Pohon Induk Terpilih pada Blok Penghasil Tinggi Kelapa Dalam di Desa Maukuru, Kecamatan Alor Timur. Jumlah benih yang tersedia dalam polibeg sebanyak 22.380 benih. Jumlah keseluruhan polibeg yang ada sejumlah 25.490 namun ditemukan sebanyak 3.110 benih yang mati. Jumlah tersebut masih dapat memenuhi kebutuhan di Kabupaten Alor pada tahun 2019. Umur benih kelapa Dalam yang tersedia adalah 13-14 bulan.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa secara umum benih kelapa Dalam yang tersedia memenuhi standar benih siap salur kecuali umur benih. Berdasarkan standar benih kelapa Dalam pada polibeg siap salur umur 4-12 bulan sedangkan benih yang tersedia berumur 13-14 bulan. Hasil wawancara dengan Penangkar Benih diperoleh informasi penyebab keterlambatan penyaluran benih adalah musim kemarau yang cukup panjang sejak bulan April 2019. Dengan pertimbangan cuaca tersebut maka penyaluran ditunda karena jika disalurkan pada kondisi cuaca yang tidak mendukung maka banyak tanaman yang akan mati karena tanaman muda sangat membutuhkan air dalam pertumbuhannya. Berdasarkan hasil pemeriksaan benih kelapa Dalam siap salur yang tersedia maka disimpulkan bahwa benih yang tersedia masih dalam keadaan baik dan sesuai standar serta layak ditanam, maka disarankan agar penyaluran dan penanaman benih kelapa Dalam yang diperiksa harus segera dilaksanakan mengingat mulai adanya curah hujan di Kabupaten Alor. Penyaluran dan penanaman harus mengikuti standard penyaluran benih dalam polibeg.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *