Pemda Jogjakarta Siap Mengadopsi Teknologi Puslitbangbun, Balitbangtan Kementan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Balitbangtan Kementan mengadakan sosialisasi teknologi dan inovasi di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DI Yogyakarta. Rombongan terdiri atas Kabid KSPHP, staf subbidang PHP dan Subbidang Kerjasama. Ir. Jelfina C. Alouw, M.Sc, Ph.D selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayaggunaan Hasil Penelitian (KSPHP) mewakili Kepala Puslitbangbun diterima oleh Ir. Ika Hartanti, MSi., selaku Kepala Bidang Perkebunan dan Ir. Bambang Budiadi, MMA selaku Kepala Seksi Produksi Tanaman Perkebunan. Sebelum acara berlangsung Ika Hartanti menyampaikan profil Dinas Perkebunan dan inovasi-inovasi yang sudah diterapkan oleh Dinas Perkebunan di Yogyakarta, salah satu contohnya komoditas kopi.

 

Dalam paparannya Jelfina memperkenalkan Puslitbangbun sebagai Unit Kerja di bawah Badan Litbang Pertanian, Kementan yang memiliki misi sebagai lembaga penelitian dan pengembangan yang memiliki scientific dan impact recognition terhadap teknologi dan inovasi yang dihasilkan. Jelfina selanjutnya memaparkan sebagian teknologi dan inovasi yang sudah dihasilkan oleh para peneliti Puslitbangbun dan UPT yang tersebar di Manado (Balit Palma), Bogor (Balittro), Malang (Balittas), dan Sukabumi (Balittri). Jelfina menekankan pentingnya kunjungan dan dialog langsung dengan pimpinan dan staf yang membidangi perkebunan di daerah untuk mengetahui kebutuhan para stakeholder dilapangan serta permasalahan yang dihadapi sebagai bahan masukan bagi kegiatan diseminasi dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan program penelitian kedepan.

 

Disamping itu, kungjungan tim bermaksud juga untuk melihat potensi kerjasama dengan Puslitbang Perkebunan. Ika Hartanti mengatakan bahwa kegiatan untuk tahun 2020 adalah komoditas tebu, kakao, tembakau, lada, kapas, dan kopi. Dari kelima komoditas ini bisa dijalin kerjasama dengan Dinas Perkebunan Yogyakarta dan Puslitbangbun. Di Yogyakarta sedang booming kopi, dan potensi sekali dijadikan pasca panen kopi, masyarakat Yogyakarta sangat senang mengkonsumsi kopi terutama kopi yang di cafe American coffeano di daerah prambanan.

 

Kegiatan diseminasi tersebut dihadiri oleh 25 orang karyawan Dinas Perkebunan yang berasal dari propinsi dan empat kabupaten. Para peserta sangat antusias berdiskusi dan mengharapkan agar inovasi-inovasi yang sudah dihasilkan oleh Puslitbangbun terutama pada inovasi hasil penelitian dari komoditas kakao, kopi dan kelapa dapat diterapkan di Jogja sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh petani dan masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *