Pembenihan Tebu Bud Chips

Artikel Tebu Berita Perkebunan

Penggunaan benih unggul tebu dengan Pembenihan bud chips terus digalakkan pada tingkat penangkar Kebun Benih Datar (KBD) dan petani pengembang untuk memenuhi permintaan bibit dalam mendukung program bongkar ratoon dan tanam tebu baru/plant cane (PC). Akselerasi  penggunaan bahan tanam tebu bud chips merupakan penerapan teknologi budidaya tebu dalam upaya pencapaian program swasembada gula nasional.

Penggunaan benih unggul tebu bud chips dalam 1 hektar (KBD) menghasilkan benih 50-60 ton setara 350.000- 420.000 mata tunas bud chips. Kebutuhan bibit bud chips dalam satu hektar pertanaman PC diperlukan 12.000-18.000 batang bibit setara 2-2,5 ton bagal. Sehingga dalam 1 ha luasan (KBD) mampu memenuhi kebutuhan areal tanam baru/PC mencapai 29 – 35 ha. Pembuatan kebun bibit datar memerlukan biaya besar, dengan penggunaan bibit tebu bud chips ini lebih efisien dan mampu menekan luas areal (KBD) mencapai 75-80%.

Keunggulan benih tebu bud chip bagaikan “pendekar satu mata” karena bud chips setelah dipindahkan ke lapang, tebu mampu membentuk anakan 10-20 anakan. Anakan benih bud chips akan tumbuh sempurna sampai panen 8-10 batang per rumpun sedangkan benih bagal yang terbentuk 1-4 anakan. Yang lebih membanggakan bahwa benih budchips dalam pembentukan anakan serempak pada umur 1-3 bulan.

Alat bud chips digunakan untuk mengambil mata tunas tebu sebagai bahan tanam yang dilakukan secara manual. Hasil irisan mata bud chip tebu dengan permukaan irisan halus mengurangi kerusakan bahan benih bud chips akibat penggunaan alat. Pengoperasian alat bud chips dapat dilakukan oleh 1-2 orang operator berperan sebagai menggerakan alat dan mengambil mata tunas bud chips. Bahan benih tebu yang ideal diambil dari kebun induk pada umur 6-7 bulan dengan tingkat ketuaan yang cukup kulit tebu belum terlalu keras dengan mata tunas tidur segar.

Kegunaan mesin bud chips untuk mengambil mata tunas tebu pada sebagian ruas yang terdapat mata tunas untuk digunakan sebagai bahan tanam. Mesin bud chips digerakkan dinamo dengan daya 0,5 HP dilengkapi pisau dari bahan baja berbentuk setengah lingkaran. Pisau bachips bergerak naik turun guna memper mudah pengambilan mata tunas tebu sebagai bahan tanam yang baik.

Kelengkapan mesin bud chips terdiri dynamo penggerak, pisau bud chips, handle, dan stop kontak untuk mengatur hidup dan mematikan motor penggerak. Fungsi handle guna mempermudah operasional alat karena handle dalam kondisi lepas motor masih tetap jalan tetapi mata pisau akan berhenti tidak bergerak. Kapasitas mesin 1600 mata bud chips per jam atau menyesuaikan tingkat ketramplan operator.

Keunggulan mesin bud chips:

  1. Mesin dapat dioperasikan di pedesaan karena daya yang diperlukan rendah
  2. Konstruksi kokoh, kuat dan mudah dibawa/angkut.
  3. Suku cadang tersedia dan mudah didapat dipasaran.
  4. Mengoperasikan mesin mudah dipahami, nyaman dan cepat terampil.
  5. Pisau dapat dibongkar pasang dengan mudah terbuat dari bahan baja.
  6. Hasil bud chips tebu memuaskan dengan permukaan luka rata dan halus dapat memper kecil kerusakan mata tunas.
  7. Mempunyai kemampuan yang tinggi dengan kapasitas mesin 1600 mata bud chips per jam.
  8. Pengadaan cukup dilakukan secara perseorangan atau kelompok atau penangkar benih.

 

Mesin Budchips Tebu

 

Donwload full text : Pembenihan-Tebu-Bud-Chips.pdf

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *