Pemantauan Perkembangan Kerjasama Lisensi Inovasi Nano Bioinsektisida Balitbangtan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN- Nano bioinsektisida hasil penelitian dari peneliti Balai Penelitian Tanaman Obat dan Rempah (BALITTRO) ậkan dikembangkan melalui Kerjasama lisensi đểngan pihak swasta melalui pendekatan non-exclusive agar produk têrsebut dapat têrsedia dalam jumlah yang cukup dan menjangkau wilayah yang lebih luas sehingga dapat dimanfaatkan oleh pâra stakeholders termasuk petani.

Kerjasama pengembangan teknologi Balitbangtan tertuang dalam perjanjian lisensi yang memuat hak dan kewajiban tertuang dalam hak dan kewajiban menjadi pekerjaan rutin BPATP yang memiliki mandat pemegang lisensi. Pada tanggal 17-18 Juni 2019 Tim Verifikator Lisensi Puslitbangbun, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (peneliti Balittro), BB Pasca Panen (sebagai perekayasa alat produksi nano biopestisida) dan Balai PATP bersama-sama melakukan penilaian (assessment) terhadap perusahaan CV Pelangi Harum Nusantara di dua lokasi yaitu 1.Jl. By Pass KM 25 Kel. Batipuh Kec. Koto Tangah, Kota Padang sebagai lokasi produksi; dan 2. Desa Talu, Kec Talamau, Kab. Pasaman Barat lokasi lahan tanaman atsiri.

Tim Verifikasi Linsensi dari Balitbangtan disambut gembira oleh Pimpinan CV Pelangi Harum Nusantara. Diskusi diawali dengan mengidentifikasi kendala- kendala yang dihadapi di lapangan dan peninjauan sarana/prasarana produksi dilokasi.

Informasi penting yang dijadikan dasar Tim Verifikator Lisensi Balitbangtan dalam menetapkan rekomendasi, meliputi persyaratan administrasi badan usaha, fasilitas kantor gudang, tempat produksi, luas tanam yang telah bersertifikat organik, sumberdaya manusia serta profil perusahaan dibidang tanaman perkebunan. Verifikasi Lisensi bertujuan untuk memvalidasi laporan produksi, laporan penjualan, jumlah kewajiban royalti yang disetorkan, pengembangan teknologi dan memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi oleh mitra lisensi. BPATP sebagai mediator penghasil lisensi dengan mitra lisen yang berkewajiban untuk menindaklanjuti kerjasama dalam bentuk pemantauan dan verifikasi.
CV Pelangi Harum Nusantara telah melakukan penelitian uji efektifitas nano biopestisida bersama peneliti Balittro sejak tahun 2017 untuk memproduksi penyulingan minyak atsiri serta berbagai macam rempah termasuk sereh wangi.

Tim Verifikator Lisensi Balitbangtan merekomendasikan CV Pelangi Harum Nusantara dapat diberikan lisensi non eksklusif dengan persyaratan: Melengkapi sarana produksi sebagai salah satu syarat izin usaha industri, menambah tenaga kerja terutama SDM ahli dalam kimia organik, mengurus izin edar untuk pemasaran hasil produksi. Proses lisensi selanjutnya akan didiskusikan dengan Kepala BPATP. (Eva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *